Tips Sukses Menurunkan Berat Badan Secara Alami yang Boleh Kamu Coba

Tips Sukses Menurunkan Berat Badan

Kesuksesan menurunkan berat badan tergantung pada makanan yang kita konsumsi.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat kini manusia dituntut untuk bekerja cepat dengan menghasilkan kuantitas yang besar. Tentu saja hal ini akan mempengaruhi pola hidup mereka. Dan yang paling ditakutkan kebanyakan orang adalah menambahnya berat badan. Nah lo!

Ketika sudah menyadari bentuk badannya lebih mirip cello – terutama perempuan – akan memilih cara-cara instan untuk mengembalikan berat badannya yang ideal. Mengkonsumsi obat pelangsing, menghindari makanan tertentu dan lain-lain tetap saja belum memberikan hasil yang diinginkan. Akhirnya menyerah.

5 Tips / Kiat Sukses Menurunkan Berat Badan Secara Alami

1. Ubah pola makan sesuai dengan kebutuhan tubuh

41-pasar-tradisional-lengkap-dijakarta

Salah satu Pasar tradisional di Jakarta yang menyediakan berbagai macam buah dan sayur segar.

Faktor utama penyebab naiknya berat badan adalah dari makanan. Orang sekarang lebih memilih makanan yang instan daripada makan makanan yang segar seperti buah dan sayur yang minim proses memasak. Padahal buah dan sayur seperti tempe dan jahe merupakan jenis makanan yang dibutuhkan tubuh, asalkan dikonsumsi dengan benar.

2. Olahraga minimal 30 menit setiap hari

cegah-stroke-pada-usia-lanjut-dengan-berolahraga-rutin-2

Kegiatan senam yang diadakan sama ibu-ibu komplek bisa jadi salah satu alternatif olahraga kamu.

Usahakan untuk tetap bergerak jangan terlalu lama berdiam diri. Olahraga paling sederhana dan mudah dilakukan adalah lari. Minimal 30 menit setiap hari akan membantu membakar kalori yang ada di dalam tubuh.

Selain lari, gerakan-gerakan yang tanpa harus menggunakan alat seperti push up, sit up, burpee dan lain-lain bisa kamu lakukan sebelum mandi pagi. Sekarang juga sudah banyak aplikasi di telepon pintar yang dapat membantu membentuk badan.

Kamu juga bisa mengikuti senam yang diadakan di dekat tempat tinggalmu atau pergi ke taman kota pada akhir pekan.

3. Jangan begadang

man-sleeping-and-snoring-overhead-view

Tidur yang berkualitas berkisar antara 8-10 jam per hari

Poin ini juga gak kalah penting. Seperti kata bang haji Rhoma Irama “begadang jangan begadang, bila tiada artinya”.

Pada dasarnya tubuh manusia akan memulai fase penyerapan makanan setelah jam 8 malam.

Pada fase ini tubuh memanfaatkan secara maksimal apa yang dimakan pada waktu sebelumnya dan berlangsung penyerapan zat gizi, sirkulasi zat-zat berguna yang diproses dari makanan, pergantian sel, perbaikan jaringan, dsb.

Mengurangi bergadang akan membuat tubuh menjadi segar ketika bangun pagi esoknya.

4. Manajemen stres

664xauto-1200-orang-kaya-dunia-hindari-satu-pola-pikir-ini-150831a

Kurangi nyinyirin orang

Selalu berpikir positif. Jika ketiga poin di atas sudah kamu lakukan, hal yang selalu harus kamu jaga adalah pola pikir yang selalu positif.

Apapun sesuatu yang kita nilai dari sisi buruknya saja akan berimbas buruk bagi kita. Sedikit-sedikit ngeluh, baru mulai sebantar menyerah. Justru itu akan membuat kita lupa untuk bersyukur, bahwa kita sudah berproses lebih baik.

Intinya gini. Untuk membentuk berat badan yang ideal kita harus mengetahui tubuh kita sendiri, pelajari itu! Yang namanya perubahan itu tentu saja membutuhkan proses.

Seberapa lamanya ya.. tergantung usaha dan “penebusan” dosa yang udah dilakukan. Nikmati saja prosesnya dan jangan hanya terpaku pada berat badan saja.

Lihat catatan kesehatan kamu, apakah riwayat penyakit yang sering muncul selama ini sudah hilang? Tubuh yang diperlakukan sesuai dengan kodratnya efeknya akan menjadikan kesehatan kita juga maksimal.

5. Konsumsi Kopi Hijau

kopi hijau green coffee

Konsumsi kopi hijau untuk diet

Diet juga bisa dilakukan dengan mengkonsumsi kopi hijau asli secara rutin setiap hari. Hal ini dikarenakan dalam kopi hijau mengandung zat chlorogenetic acid yang berguna untuk mengoptimalkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak secara maksimal.

Konsumsi kopi hijau secara rutin setia hari dipercaya mampu menurunkan berat badan antara 6 – 10 kg hanya dalam satu bulan. Namun tentunya hal ini akan lebih baik lagi jika juga dibarengi dengan olahraga teratur.

Selain dapat menurunkan berat badan secara signifikan, kopi hijau juga berguna untuk kesehatan tubuh. Secara ringkas, manfaat kopi hijau bagi kesehatan adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan metabolisme tubuh dan pembakaran lemak
  2. Menahan rasa lapar
  3. Sebagai sumber antioksidan
  4. Mengurangi kadar kolestrol jahat
  5. Menurunkan tekanan darah tinggi
  6. Mengatasi penyakit alzheimer
  7. Melawan resistensi insulin

Selamat mencoba!

Tuhan sudah memberikan sumber makanan yang disesuaikan dengan kebutuhan manusia. Hanya kadang manusianya yang kurang bersyukur.

One Response

Leave a Reply