Ini Dia 4 Tempat Paling Nyaman untuk Membaca Buku

Kalau kamu ditodong pertanyaan, pilihannya yang mana? membaca buku atau membaca e-book?
Faktanya, di zaman serba digital ini, akan sulit mendapatkan generasi deep reading dan deep thinking.

Kalau diberi buku yang tebal halamannya lebih dari 200 halaman, apa kamu mau menghabiskannya?

Ya, kan? Hihi…

membaca buku

Sumber: stocksnap.io

Keasyikan membaca buku, memberikan kamu pengetahuan serta keahlian dan tidak salah kalau ada pepatah mengatakan bahwa membaca buku dapat membuka gerbang dunia. Dengan membaca buku wawasan semakin tercerahkan dibanding dengan scroll berita yang isinya makin seperti sampah.

Jika kamu suka membaca buku, tempat favorit kamu untuk menikmati dan menghayati suatu buku di mana sih?

Nah, inilah 4 Tempat Paling Nyaman untuk Membaca Buku

1. Membaca Buku di Perpustakaan

membaca buku di perpustakaan

Sumber: pixabay.com

Tempat favorit seluruh umat yang senang membaca buku yakni di perpustakaan. Karena perpustakaan memang didesain untuk membuat nyaman para pengunjungnya dalam menikmati koleksi-koleksi bukunya.

Perpustakaan sekarang bisa menyelesaikan pekerjaan dengan menikmati sajian wifi yang kencang. *pengalaman saya banget*

Bayangkan…

Suasananya yang hening, adem, nyaman, bersih, bangunan yang artistik dan bahkan ngangenin.

Itulah yang bikin kamu merasakan ketagihan dan butuh untuk membaca buku yang kamu suka di perpustakaan. Tak heran perpustakaan banyak digandrungi pada waktu kuliah atau sekolah sedang lengang, bahkan di beberapa kantor pun tersedia perpustakaan.

2. Membaca Buku di Taman

membaca buku di taman

Sumber: bucketlistly.com

Taman adalah tempat yang cocok kedua untuk membaca buku, walaupun taman di Indonesia memang belum senyaman yang ada di luar negeri sana. Tapi, setidaknya alun-alun kota bisa menjadi referensi untuk menghabiskan waktu kamu.

Mungkin sebagian dari kamu ada yang bisa fokus di tempat ramai. Tapi ada juga yang tidak bisa fokus jika tempatnya ramai. Semuanya tergantung dari kebiasaan dan cara cepat berpikir masing-masing.

Semuanya bisa dilatih asalkan konsisten, pasti bisa di tempat ramai sekali pun.

Jadikan taman kota bukan untuk hal yang negatif, malah dipakai tempat pacaran, tempat kabur dari sekolah atau kuliah, dan banyak hal negatif yang dilakukan.

Ingat, orang tua capek membiayai kamu untuk sekolah. Sejauh ini apa timbal balikmu?

3. Membaca Buku di Kafe

membaca buku di kafe

Sumber: picjumbo.com

Bayangkan…

Sambil menikmati hidangan kudapan kesukaan kamu, dan minuman hangat yang disajikan dalam meja kamu, kafe adalah tempat favorit yang cocok untuk dijadikan tempat membaca buku kamu.

Tapi, ingat jangan sampai salah fokus.

Terlalu banyak aktivitas yang ada di kafe sehingga kamu jadi gak fokus dalam membaca bukunya, buatlah peraturan dengan diri kamu sendiri. Misal menggunakan metode pomodoro untuk memaksimalkan waktu kamu biar gak ke buang sia-sia.

4. Membaca Buku di Pantai

membaca buku di pantai

Sumber: pixabay.com

Di pantai bawa buku?

Malesin ya? Yuk ubah mindset-nya dulu yuk, selain kamu berlibur dengan menikmati pemandangan dan ombak di pantai, kamu juga bisa mengisi waktu liburan di pantaimu dengan membaca buku.

Dari berlibur pun kamu bisa menemukan ide untuk menulis skripsi. Karya yang belum pernah dikembangkan sebelumnya, setelah berlibur di pantai jadi bisa dikembangkan.

Jadi, liburan di pantai kamu gak terbuang sia-sia. Selain upload sana sini di media sosial, kamu juga dapat mengembangkan diri kamu sendiri lewat membaca buku.

5. Membaca Buku di Transportasi Umum

membaca buku di transportasi um

Sumber: pixabay.com

Di Negara Indonesia, mungkin kebiasaan membaca buku di transportasi umum belum terbiasa dan belum dibiasakan juga. Karena biasanya saya juga mengakui kalau membaca buku di kendaraan umum belum nyaman dan malah dipelototin sama penumpang lainnya.

Selain itu, kendala terbesar adalah kendaraan umum di Indonesia belum nyaman. Tapi sekarang sudah banyak juga kendaraan umum yang nyaman dan malah bikin ngantuk dibikinnya. Saking enaknya semburan AC dan jok yang bikin nyaman jadi lupa baca bukunya. Hihi…

Itulah kelima tempat yang nyaman untuk membaca buku. Semoga dengan membaca buku, kamu bisa menambah wawasanmu.

Dan jangan lupa hilangkan rasa malas kamu, agar kamu tidak ketinggalan dengan negeri tetangga.

Always productive!

Leave a Reply