Tata Cara Haji Tamattu Yg (Wajib di Ketahui) Jama’ah

Tata cara haji Tamattu – Bagaimana manasik ibadah haji tamattu?.. Apa saja yang perlu anda siapkan untuk pelaksanaan haji tamattu?.. Serta seperti apa proses yang dianjurkan Islam dalam menunaikan ibadah haji tersebut.

Arti dari tamattu’ adalah bentuk dimana para jama’ah haji menunaikan ibadah umrah sebelum haji, maksudnya adalah jamaah akan ber- Ihram ibadah umrah pada bulan-bulan haji, yaitu (Syawal, Zulqaidah, Zulhijah).

Kenapa bisa seperti itu?.. Bukankah dalam rukun haji di anjurkan mengerjakan haji terlebih dahulu setelah itu baru umrah?.. ingin tahu, simak sampai selesai.

Tata Cara Haji Tamatu & Manasik

Haji tamattu’ sedikit berbeda dengan haji qiran dan ifrad. karena haji tamattu mendahulukan umrah dari pada haji.

Banyak dari sebagian jama’ah yang mengerjakan haji secara tamattu’, khususnya di Indonesia. Tapi sebagian dari mereka belum banyak tahu mengenai detail haji tersebut (hanya ikut-ikutan saja).

Baca juga tata cara haji lengkap dengan seluruh kegiatan dan bacaan-nya disini

Pengertian Haji Tamattu ‘

Haji merupakan rukun Islah ke-5 dalam menunaikan-nya para jama’ah harus melewati beberapa kegiatan, seperti peragaan (manasik) sebelum keberangkatan dan menunaikan langsung di Baitullah, ihram, Sa’i dll.

Haji memiliki berbagai macam bentuk dan tata cara haji sendiri pada masing-masing jenisnya, seperti qiran, ifrad & tamattu’ yang akan kita bahas sekarang ini, berikut pembahasan-nya.

Cara Mengerjakan & Rukun Haji Tamattu ‘

Ada beberapa rukun, sunnah dan kewajiban yang perlu kamu ingat saat akan berihram untuk niat haji tamattu’. Untuk jama’ah haji ini akan melaksanakan ihram pada tanggal 8 Zulhijjah tepat pada kediaman-nya. Adapun tata cara ihram haji tamattu, sebagai berikut.

  • Hendaknya para jama’ah tamattu bersuci dari hadast, dengan cara (mandi suci/berwudhu).
  • menggunakan wangi-wangian sebelum pelaksanaan pemakaian ihram.
  • menggunakan pakaian ihram.
  • Shalat sunnah ihram 2 rakaat.
  • Terakhir niat umrahdengan membaca (aku penuhi panggilan mu, ya Allah dengan ber-umrah. Atau aku niat umrah dengan ihram karena Allah ta’ala).

Setelah pemakaian Ihram, para jamaah akan lanjut ke perjalanan yaitu Makkah dan sesampainya di Baitullah. Ada beberapa hal yang harus dilakukan yaitu.

  • Pergi ke Masjidil Haram untuk berdo’a menghadap Ka’bah
  • Melakukan tawah sebanyak 7x putaran, dimulai dari sejajar dengan Hajar Aswad.
  • Mengambil air Zam-Zam dan meminumnya.
  • dilanjutkan Sa’i 7x perjalanan antara bukit Shafa dan berakhir di bukit Marwah.
  • Memangkas rambut dan setalah itu Tahallul.

Setelah proses tahallul selesai maka umrah pun ikut selesai, selanjutnya jamaah sudah bebas melakukan apapun di makkah. Tapi tetap menjaga batasan ya (adap, tingkah laku dan ucapan) agar tidak meninggalkan kesan buruh saat disana.

itulah beberapa rangkai kegiatan dalam pelaksanaan haji tamattu. Selanjutnya kita angkan membahas mengenai bacaan Talbiyah untuk haji tamattu.

Video Tata Cara Haji Tamattu’

Tata cara talbiyah untuk haji tamattu sangat sederhana, berikut langkah-langkah yang perlu dilakukan dalam kegiatan talbiyah haji tamattu’.

tata cara haji tamattu

Itulah beberapa kegiatan yang dalam pelaksanaan haji tamattu’, sekian yang dapat disampaikan, mohon maaf bila informasi belum lengkap, semoga dapat menambah wawasan anda sebelum berhaji. Baca juga ucapan selamat datang untuk para jama’ah haji disini. terima kasih.

Leave a Reply