Tata Cara Haji Qiran (TerLengkap) Dengan Gambaran Bacaan Niatnya

Tata cara haji qiran – Siapa yang tidak ingin haji?.. Tentu setiap orang ingin menunaikan ibadah haji, karena merupakan rukun Islam. Jadi sebagai umat muslim baiknya harus melaksanakan ibadah haji paling tidak 1x seumur hidup (jika mampu).

Yah! mengingat untuk melaksanakan haji butuh banyak hal (materi, kesehatan dll) tentu biaya akan lebih banyak di bandingkan umrah. Bahkan ketika kalian sudah membayar ke biro haji. jadwal keberangkatan tidak bisa langsung karena harus antri dengan para pendaftar lain-nya.

Nah!, ada baiknya sebelum kalian melaksanakan haji pelajari dulu semua tata cara haji dan jenis-jenis haji tersebut. Serta etahui juga bacaan talbiyah yang sudah di ajarkan oleh Rosulullah Saw. Berikut pembahasannya.

Tata Cara Haji Qiran & Haji

Apa itu Haji?. Tentu seluruh umat muslim sudah pada tau karena haji adalah rukun Islam ke-5 dan suatu kegiatan yang baik untuk dikerjakan oleh setiap umat muslim di penjuru dunia.

Haji berasal dari bahasa Arab berlafaz Haji atau Hijj yang artinya tujuan. Maksudnya tujuan adalah, menuju ke Baitullah untuk melaksanakan ibadah dan amalan yang sudah di tetapkan oleh Islam.

Silakan baca dan pelajari lebih lanjut terkait tata cara haji yang baik dan benar sesuai sunnah dan ajaran Rusulullah disini.

Jenis-Jenis dan Bentuk Haji

Haji terbagi menjadi 3 yaitu (qiran, ifrad dan tamattu’) dalam 3 bentuk haji tersebut. Para jama’ah haji di persilahkan untuk memilih niat/ihram apa yang akan mereka pakai. saat melaksanakan haji ke Baitullah/Makkah.

Setelah menentukan niat sebelumnya dilakukan manasik(peragaan) hal ini di lakukan untuk memberikan gambaran dari setiap haji yang mereka pilih. Semua hal yang perlu dilakukan itu tidak lain agar mendapat haji yang sah dan di ridhoi Allah SWT.

Nah!,, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang tata cara haji Qiran sesuai ajaran yang sudah di tetapkan Allah. Melalui Rusulullah SAW, lalu bagaimana prosesi haji qiran berikut pembahasannya.

Tata Cara Haji Qiran

Arti dari Qiran sendiri adalah cahaya maksutnya adalah menerangi semua dalam 1 waktu seperti cahaya, yang menerangi sebagian bumi ini.

Makna haji qiran ialah mengerjakan ibadah haji dan umrah di waktu yang bersamaan di musim haji, jadi bisa di artikan haji qiran tersebut adalah. Para jama’ah yang akan mengerjakan-nya akan berniat atau berihram dengan niat haji dan umrah.

Untuk jama’ah haji qiran wajib membayar dam/denda beruka menyembeli hewan (bukan qurban ya). Dengan begitu segala amalan umrah dan haji sudah terpenuhi dan lanjut ke proses/kegiatan berikutnya.

Niat Haji Qiran

tata cara haji qiran

Segala bentuk ibadah dan kegiatan sehari-hari memiliki niat masing-masing. Begitu juga dalam berhaji diharuskan dengan niat dan niat tidak mesti di ucapkan di lisan tetapi akan lebih baik didalam hati saja. Apa niat untuk haji Qiran yang di ajarkan oleh Rosulullah SAW ?..

Tata cara haji qiran

Tata cara niat haji qiran dimulai dengan bacaan bismillah karena dalam melakukan apapun kita di haruskan melafazhkan bismullah agar setiap pekerjaan menjadi berkah dan dijauhkan dari masalah, Allahu’alam.

Kapan tepatnya niat di bacakan dalam pelaksanaan haji qiran?. banyak pertanyaan tentang hal itu.

Jawabannya ialah, niat haji di istilahkan sebagai Ihram atau niat didalam hati, bagi setiap jama’ah haji maupun umrah wajib melakukan-nya sebelum miqat dan diakhiri dengan tahallul.

Ihram adalah keadaan dimana para jama’ah yang sudah siap melakukan niat ibadah haji atau umrah.

Setelah ihram seorang jama’ah bisa lanjut ke tahap haji berikutnya, seperti prosesi haji pada umumnya yang kalian lakukan setelah ihram ialah berangkat ke Makkah dan setelah di Baitullah ada beberapa kegiatan yang mana baiknya unttuk di kerjakan yaitu.

  • Masuk ke Makkah.
  • Menuju Masjidil Haram
  • Berdo’a di Ka’bah.
  • Tawaf Qudum sebanyak 7x putaran.

Setelah tawaf itu kalian bisa melakukan Sa’i akan tetapi dengan pengecualian yakni tidak boleh mencukur/memangkas rambut dan boleh juga menunggu untuk keberangkatan wukuf ke Arafah dalam keadaan ihram.

Apa Saja Kegiatan di Arafah

Selanjutnya tepat pada tangga 8 Zulhijjah pergi berwukuf ke Arafah, selagi menunggu prosesi wukuf baiknya kalian memperbayak ibadah seperti, berdzikir dan membaca Al- Qur’an.

Lalu pada tanggal 9 zulhijjah wukuflah ke Arafah, adapun prosesi dalam wukuf haji qiran ialah.

  • mendengan khutbah wukuf.
  • Shalat dzihir dan ashar dengan jama’ taqdim.
  • Tetap memperbanyak dzikir dan membaca Al-qur’an serta Berdo’a.
  • Jama’ taqdim Maghrib dan Isya’.

Setelah selesai semua kegiatan di Arafah selanjutnya kalian akan mabit ke Muzdalifah hingga tengah malam.

Sesampainya di Muzdalifah dan Mina

Sesampainya di Muzdalifah mulailah dengan mencari kerikil untuk jumrah sebanyak 7x, 49x atau 70x butir. Setelah semua terkumpul selanjutnya berangkat lagi menuju Mina setelah lewat tengah malam.

Setalah di Mina tepat pada tanggal 10 Zulhijjah ada beberapa kegiatan di Mina, yaitu.

  • Melempar jumrah Aqobah sebanyak 7x.
  • Memangkas rambut/mencukur rambut.
  • Tahallul awal.
  • Memotong Dam/denda (berupa hewan).

Setelah proses tersebut dilalui maka jama’ah haji Qiran melanjutkan kegiatan-nya, yakni pada tanggal 11 Zulhijjah melempar jumrah sebanyak 7x (Ula, Wustha dan Aqobah).

Bagi yang Nafar (Rombongan) awal setelah melempar jumrah silahkan meninggalkan Mina sebelum maghrib pada tanggal 12 Zulhijjah dan bagi yang Nafar Tsani silahkan meninggalkan Mina setelah melempar jumrah sebanyak 7x.

Kembali Ke Makkah (Penutupan)

tata cara haji qiran

Setelah Mabit di Mina Rombongan haji qiran kembali lagi ke Makkah/Baitullah untuk melaksanakan beberapa kegiatan akhir, yaitu.

  • Tawaf Ifadhah dan Sa’i, tetapi bagi yang sudah tawaf qudum tidak perlu melakukan itu lagi.
  • Tahallul tsani.
  • memotong dam bagi yang belum.

Yang terakhir sebagai penutup dan bentuk kehormatan kita terhadap Makkah dan ibadah haji yaitu melaksanakan Tawaf Wada’ sebelum kepulangan ke tanah air.

Itulah beberapa rangkaian kegiatan dan tata cara haji Qiran lengkap dengan bacaan niatnya dan sesuai dengan ajaran Rusulullah Saw. Jangan lewatkan berikut do’a untuk keberangkatan jama’ah haji, silahkan klik disini. Terima kasih.

Leave a Reply