Gili Trawangan Lebih Memukau dari Kedua Gili Lainnya. Kenapa?

  • Keberadaan Pulau Gili Trawangan memang menghadirkan pesona yang boleh dibilang sangat berbeda dari kedua Gili tetangganya, yaitu Gili Meno dan Gili Air.

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa pulau yang familiar dengan sebutan Gili Tralala atau Gili T ini telah menjadi destinasi wisata alam yang sudah tidak asing lagi di muka bumi.

Pulau Gili Trawangan

Nama Gili Trawangan juga sudah sering diangkat di berbagai situs informasi berskala besar seperti Wikipedia.

Yang tak kalah menarik, wisatawan–wisatawan mancanegara juga telah banyak mendokumentasikan perjalanan wisata mereka ke Gili Trawangan di blog–blog maupun di berbagai media sosial.

Sebagai pulau yang memiliki daratan terluas dan terletak di sebelah barat Pulau Gili Meno, Pulau Gili Trawangan memiliki gaya tarik yang lebih seksi. Sehingga membuat wisatawan dari penjuru dunia ingin merasakan keindahannya.

Tidak heran, kalau pulau ini memiliki kunjungan terpadat setiap tahunnya dibandingkan dengan Pulau Gili Meno dan Pulau Gili Air.

Apalagi jika kamu ingin berkunjung ke pulau ini pada waktu menjelang akhir tahun. Saya pastikan kamu akan mengalami kesusahan dalam mencari akomodasi yang kamu inginkan di pulau ini.

Selain harganya yang berkali lipat, ketersediaannya juga sangat terbatas untuk penginapan ataupun hotel. Karena pada ujung tahun, pulau ini sudah masuk dalam kunjungan high session. Sehingga jalan satu–satunya adalah jauh–jauh hari sebelumnya kamu harus mem-booking segala hal yang kamu butuhkan disana.

Jika dilihat dari pemandangannya, Gili Trawangan juga memiliki keindahan yang tidak jauh berbeda dari keindahan Gili Meno dan Gili Air.

Walaupun sangat terlihat sama, bagi kamu yang belum pernah mengunjungi pulau yang dikatakan indah ini tentu perlu mengetahui seberapa jauh keindahannya. Hingga membuat para wisatawan asing maupun lokal lebih banyak memilih untuk datang ke Pulau Gili Trawangan.

Keindahan pantai Pulau Gili Trawangan

Pantai Gili Trawangan

Sumber: www.martasgili.com

Keindahan ketiga Pulau Gili, entah itu Pulau Gili Air, Pulau Gili Meno ataupun Pulau Gili Trawangan, akan selalu diawali oleh keindahan pantai dan pemandangan bawah lautnya.

Sedikit catatan dari pemerintah daerah, produksi sampah dari Gili Trawangan minimal 18 ton perharinya untuk low session. Tentu terbayang di benakmu bagaimana jika pulau sekecil Gili Trawangan disaat high session mencapai 20 ton perharinya.

Tapi, kebershihan yang ada dipulau ini masih bisa ditoleransi.

Kamu akan melihat pantai dan pasir putih yang terbentang luas dengan kebersihan yang masih terjaga. Sehingga kamu bisa menghabiskan waktu berlibur di Gili Trawangan dengan kegiatan yang menyenangkan. Seperti mandi, atau berbaring dan menikmati hawa pantai tropis Indonesia.

Pemandangan Bawah Laut Gili Trawangan

Laut Pulau Gili Trawangan

Tidak hanya kebersihan pantai, kebersihan bawah laut pun benar–benar dijaga di ketiga Pulau Gili, tentunya termasuk Pulau Gili Trawangan. Pemandangan bawah laut di pulau ini tentu sangat sayang jika kamu lewatkan.

Pemandangan bawah laut Pulau Gili Trawangan akan menyuguhkan kamu hewan–hewan langka yang menarik dan yang tidak kalah adalah keberadaan satwa penyu–penyu hijau.

Hewan langka ini memang lebih mudah ditemukan di laut Gili Trawangan di bandingkan dengan laut Gili Air dan laut Gili Meno.

Penyu di laut Gili Trawangan

Untuk bisa menikmatinya, tentu sangat mudah jika kamu sudah menguasai teknik diving.

Di Pulau Gili Trawangan, terdapat layanan diving berlisensi internasional seperti Jack Point, SharkPoint, Halik Reef, Coral Fan Gardern, Bounty Reef, Trawangan Slope, Simon Reef, dan Turbo, yang bisa menjadi pemandu dalam melakukannya.

Biasanya, setiap operator diving tersebut memiliki tingkat kesulitan berbeda–beda yang bisa disesuaikan dengan kemampuan kamu dalam menyelam.

Atau mungkin, kamu ingin berlibur di pulau Gili sambil belajar diving? Itu bisa kamu lakukan. Kamu bisa mengikuti kursus diving yang diadakan oleh Oceans 5 Dive Resort.

Sebenarnya Oceans 5 Dive Resort berpusat di Pulau Gili Air. Namun kabar baiknya, Oceans 5 Dive Resort telah membuka cabang di Pulau Gili Trawangan juga. Silahkan kunjungi situs resminya jika kamu tertarik untuk mengikutinya.

Akomodasi di Gili Trawangan

Ini lah salah satu kelebihan Pulau Gili Trawangan yang membuatnya signifikan berbeda dari Pulau Gili Air dan Pulau Gili Meno.

Meskipun secara geografis pulau ini lebih luas dari kedua pulau Gili lainnya, namun jika kamu ingin mengelilinginya, kamu bisa menggunakan jasa transportasi tradisional khas Pulau Lombok, yaitu Cidomo.

Cidomo khas Gili Trawangan

Sumber: www.gili-hotels.com

Atau kamu juga bisa menyewa sepeda, karena tiga pulau kecil yang ada di Kabupaten Lombok Utara tersebut bebas dari angkutan transportasi berbasis mesin.

Itu membuat keberadaan ke tiga pulau Gili lebih terlihat natural dan jauh dari polusi udara ataupun polusi suara.

Lebih dari itu, Pulau Gili Trawangan juga memiliki fasilitas–fasilitas yang lebih lengkap. Seperti banyaknya terdapat tempat–tempat hiburan malam, restoran, hotel, resort, homestay atau bungalow yang sangat mudah ditemukan dengan harga yang bervariasi dan bersahabat.

Resort atau penginapan di Gili Trawangan

Sumber: www.gili-hotels.com

Kamu juga akan menemukan berbagai money changer, dan mesin ATM dari berbagai jenis bank pemerintah maupun swasta.

ATM di Gili Trawangan

Sumber: www.aspi-indonesia.or.id

Nah, bisa kamu bayangkan bahwa pulau yang dilansir sebagai pulau paling kecil didunia ini ternyata tidak hanya menyajikan keindahan alam. Tapi juga memiliki fasilitas yang begitu lengkap, sehingga kamu tidak akan kebingungan untuk melewati hari–hari kamu disana.

Seperti yang saya sebutkan diatas, akomodasi maupun fasilitas yang terdapat di pulau ini memang lengkap. Namun, ketika memasuki high session, itu akan menjadi hal yang agak sulit untuk didapatkan. Bahkan akan mengalami kenaikan tarif dua kali lipat dari hari–hari biasanya.

Leave a Reply