9 Keindahan Pulau Gili Meno yang Perlu Kamu Ketahui

pulau gili meno dilihat dari atas

Sumber: baskgilimeno.com

Dengan ukuran pulau yang lebih kecil dari Gili Trawangan dan Gili Air, oleh penduduk Indonesia Pulau Gili Meno terkenal dengan sebutan surga kecil, bahkan surga yang tersembunyi di Pulau Lombok.

Secara fakta, Pulau Gili Meno memang lebih sepi. Baik dari jumlah penduduk, maupun dari jumlah wisatawan yang datang berkunjung.

Tidak heran jika layanan penyeberangan umum ke pulau kecil ini agak sedikit susah dan terbatas hingga saat ini.

Misalnya saja, untuk melakukan penyeberangan umum ke pulau ini para wisatawan atau penduduk lokal harus lebih pagi berada di Pelabuhan Bangsal sekitar jam 8 pagi waktu Indonesia Tengah.

Terlebih ketika ingin melakukan penyeberangan balik dengan menggunakan penyeberangan umum. Dari Pulau Gili Meno ke Pelabuhan Bangsal, tergolong tidak mudah.

Alternatif pertamanya adalah harus menginap, atau dengan alternatif kedua yaitu mengeluarkan tarif yang lebih mahal untuk menyewa fast boat. Tapi tentunya tidak semahal tiket kedatangan kamu ke Lombok.

Saya yakin kamu tidak akan repot dan khawatir dengan hal-hal sekecil itu, karena agen perjalananmu telah mengatur sebaik mungkin untuk membuat kamu bisa berada di pulau itu dengan mudah dan menikmati perjalanan yang menyenangkan.

Itulah kendala penyeberangan yang biasa terjadi ke Pulau Gili Meno.

Namun, dengan kendala penyeberangan atau dengan ukuran pulau yang lebih kecil bahkan dengan pengunjung yang tidak sebanyak 2 Pulau Gili lainnya, bukanlah suatu halangan bagi Gili Meno untuk menjadi salah satu tujuan wisata pantai yang populer di seluruh dunia.

Kedatangan kamu akan disambut oleh setidaknya 9 hal yang menarik, dan akan kamu nikmati sehingga akan membuat kamu merasa betah untuk terus berada di Pulau Gili Meno yang telah saya rangkum dan bisa kamu simak sebagai gambaran ketika kamu sudah berada di pulau kecil tersebut.


Inilah 9 Hal di Pulau Gili Meno yang akan Menyambutmu


1. Suasana Yang Tenang

pantai pulau Gili Meno

Sumber: capcus.id

Sementara Gili Trawangan dan Gili Air menawarkan banyak hiburan, Gili Meno justru menawarkan suasana yang lebih tenang sebagai gaya tarik bagi wisatawan.

Bagi kamu ingin rilex dan menjauhkan diri dari aktifitas keramaian saat berlibur, maka pulai kecil yang berada di antara pulau Gili Trawangan dan Gili Air ini adalah pilihan yang lebih tepat. Karena pulau kecil ini akan menyajikan kamu alam yang tenang dan damai dengan suasana pantai yang relatif sunyi.


2. Wisata untuk Berbulan Madu

bulan madu di pulau gili meno

Sumber: caderabdul.wordpress.com

Jangan sesekali datang ke pulau ini dalam keadaan sendiri!

Apakah ini terdengar menakutkan? Justru, yang saya takutkan adalah kamu tidak bisa menikmati suasana yang sebenarnya di Gili Meno. Karena suasana sunyi yang terdapat di pulau kecil ini akan membuat kamu merasakan keromantisan yang eksotis.

Berbicara masalah keromantisan, tentu kamu tidak bisa merasakan keromantisan ketika harus sendiri. Tak heran jika wisatawan yang datang ke Pulau Gili Meno umumnya adalah wisatawan yang memiliki pasangan atau sedang berbulan madu.

Sekali lagi, jangan coba-coba ke pulau kecil ini tanpa pasanganmu.

3. Pantai yang Indah

pantai gili meno yang indah

Sumber: anekatempatwisata.com

Ya, pantai merupakan salah satu daya tarik yang paling tinggi di pulau-pulau Gili, yang sangat tentu juga dimiliki oleh Gili Meno.

Dengan pantai biru yang bersih dan berpasir putih, sangat tepat digunakan oleh wisatawan yang ingin bermandikan sinar matahari yang cerah.

4. Snorkeling / Diving

snorkeling atau diving di laut gili meno

Sumber: aldiphotogallery.com

Melihat pantai yang bersih dan biru? Kamu bisa melengkapi liburan di Gili Meno dengan melakukan snorkeling dan diving.

Penduduk asli pulau ini pasti akan menawarkan kamu layanan yang praktis untuk melakukan kegiatan snorkeling dan diving, dimana mereka akan merekomendasikan pantai-pantai Gili Meno yang indah untuk melakukan kegiatan ini supaya lebih menyenangkan.

5. Patung Bawah Air

patung bawah air pulau gili meno

Sumber: giliislandfastboats.com

Inilah salah satu kelebihan Gili Meno dibandingkan kedua gili lainnya. Dalam kegiatan snorkeling kamu bisa melengkapinya dengan melihat patung-patung di bawah air.

Patung-patung ini sendiri merupakan salah satu atraksi wisata populer di Gili Meno yang merupakan karya seniman International Jason de Caires Taylor yang telah bekerja sama dengan salah satu hotel terbesar di Gili Meno yaitu Bask Hotel.

Patung yang sangat mirip dengan manusia ini berjumlah 80 buah dan berjarak 40 kilo meter dari garis pantai.

6. Kura-kura

budidaya kura-kura di pulau gili meno

Selain pesona koral dan fenomena patung bawah lautnya, umumnya di pulau-pulau Gili terdapat wisata hewan langka yaitu kura-kura.

Kamu akan menemukan tempat dimana hewan kura-kura ini dibudidayakan yang bernama Turtle Sanctuary.

Hewan-hewan ini sengaja di budidayakan untuk menambah kecantikan laut pulau-pulau Gili.

7. Danau Air Asin

danau air asin di pulau gili meno

Sumber: klikhotel.com

Di sebelah barat bagian pulau ini terdapat sebuah danau. Danau ini populer dengan sebutan danau garam karena memiliki air yang asin.

Danau ini cukup luas dan dikelilingi dengan tumbuhan mangrove yang subur dan keberadaan danau ini menjadi habitat burung-burung laut bahkan burung elang.

Danau ini sebenarnya bukanlah objek wisata. Namun keberadaan danau ini menambah keindahan Pulau Gili Meno, dan tidak salah jika kamu ingin mengunjunginya.

Sekalipun kamu tidak datang ke areal danau, pemandangan danau air asin ini akan terlihat dari beberapa hotel bertingkat yang ada di Gili Meno.

8. Taman Burung

taman burung gili meno bird park

Sumber: indonesiawisata.info

Objek wisata yang satu ini memang tidak akan kamu dapatkan di kedua Pulau Gili lainnya. Hanya ada di pulau Gili Meno.

Liburan kamu di pulau kecil ini akan dilengkapi dengan mengunjungi Taman burung.

Untuk bisa menikmati pemandangan dengan burung-burung langka ini sangat murah. Lengkap dengan pemandu wisata yang akan menunjukkan berbagai burung yang mungkin belum pernah kamu lihat sebelumnya.

9. Hutan Bakau

hutan bakau di pulau gili meno

Sumber: travel.kompas.com

Selain taman burung yang sudah populer di Gili Meno, masih ada objek wisata yang tidak luput juga dari kunjungan para wisatawan asing maupun lokal, yaitu Hutan Bakau Gili Meno.

Keberadaan hutan bakau ini juga merupakan habitat dari burung-burung laut.

Untuk bisa menikmati rindangnya pepohonan yang ada di dalam hutan bakau, terdapat jalur yang sudah membelah beberapa bagian kawasan hutan. Jadi, kamu bisa menyalurkan kesenangan kamu tentang pepohonan yang terdapat di kawasan hutan ini.

Itu lah beberapa pandangan besar dunia tentang keberadaan Pulau Gili Meno yang masih berlangsung hingga saat ini.

Jalan-jalan ke Pulau Lombok? Pasti gak sia-sia deh…

Leave a Reply