Peluang Usaha: Jasa Cuci Sepatu Tawarkan Rupiah Berlimpah

Tingkat kesibukan membuat bisnis di sektor jasa tetap bertahan. Tak menutup kemungkinan semakin tumbuh pesat. Karena Semakin orang sibuk maka semakin besar pula tingkat kebutuhannya akan orang lain.

Tidak perlu jauh-jauh. Untuk cuci sepatu saja. Tidak semuanya sempat melakukan hal sederhana ini. Alhasilnya jasa cuci sepatu pun dibutuhkan.

jasa-cuci-sepatu

Sekarang tempat usaha ini kian bermunculan. Meski tarif yang ditawarkan cukup tinggi, tapi omzet yang diperoleh pun terbilang lumayan. Salah satunya Kafe Country di Jalan Putri Candramidi Pontianak.

Kafe bergaya country ini tidak hanya tempat nongkrong kalangan anak mudah saja. Kafe dengan dominasi ornamen dari bahan kayu justru menjadi tempat penitipan sepatu kesayangan untuk dicuci.

Selain menawarkan makanan dan minuma, kafe ini juga membuka jasa shoes clinic. Tempat pencucian sepatu atau laundry. Sebuah meja tinggi dan rak-rak sepatu di sekitarnya berdiri tepat di depan pintu kafe.

Hampir semua sepatu bermerek top. Hal itu menambah kesan unik kafe. Cukup menarik perhatian orang-orang yang berkunjung ke sana. Outlet laundry sepatu tersebut baru dibikin tiga bulan lalu.

Owner Kafe Country, Ryan Satriadi tertarik menawarkan bisnis jasa ini karena berangkat dari pengalaman pribadinya. Di mana sepatunya rusak karena dicuci menggunakan mesin cuci.

Karena itu dia menilai mencuci sepatu itu berbeda dengan mencuci pakaian. Kemudian banyak juga yang mengeluhkan sulitnya mencuci sepatu. Terutama berbahan kanvas dan kain.

karena berbeda, lanjut dia, maka peralatan dan bahan yang digunakan juga berbeda. Sabun hingga sikat harus mempunyai spesifikasi khusus.

Menurutnya sepatu itu luar biasa kompleksnya. Seperti bagian kecil di sepatu harus dibersihkan dengan sikat kecil. Kemudian tidak semua bagian sepatu harus disikat. karena prosesnya yang banyak, waktu pengerjaannya cukup lama.

“Saya berpikir, kenapa tidak dibuka laundry saja. pasarnya sangat besar. semua orang pasti punya sepatu tapi tak semuanya bisa mencuci sepatu dengan baik,” ujarnya.

“Di Bandung dan Jakarta, bisnis ini sudah berkembang pesat. Saya coba buka di Pontianak, ternyata lebih menguntungkan,” tambahnya.

Di sini Ryan mencoba mengkombinasikan dua bisnis. Tempat usahanya tidak hanya menawarkan makanan dan minuman tapi juga laundry sepatu. Keuntungannya, banyak pengunjung kafe yang turut menjadi konsumen jasa laundrynya. Kini, dia sudah punya dua karyawan khusus untuk usaha laundry sepatu.

Selain Ryan, ada juga Shoeslicious dengan tawaran konsep yang sama. Landry sepatu di Jalan Pancasila. Meskipun demikian, jasa ini belum sebanyak laundry pakaian.

Padahal pasarnya sama besar dengan laundry pakaian, mengingat semua orang minimal punya sepasang sepatu di rumah. Peluang bisnis di bidang ini sangat terbuka. Modalnya relatif kecil, namun menjanjikan keuntungan lumayan.

Leave a Reply