6 Objek Wisata ini Membuat Wisatawan Menyerbu Sembalun Lombok

Menikmati pemandangan Sembalun Lombok dengan berbagai objek wisatanya memang merupakan salah satu idaman dari para wisatawan asing maupun lokal yang sumpek dengan kehidupan perkotaan.

Objek Wisata Sembalun Lombok

Sumber: www.tjuputography.com

Selain bisa menikmati rileksasi dengan panorama alam dan udara pegunungan yang segar, tujuan lain dari wisatawan biasanya adalah ingin mendaki gunung tertinggi kedua di Indonesia, yakni Gunung Rinjani.

Wahhh… trekking? Yes yes yes!

Maaf, tapi kali ini kita tidak membahas trekking. Seperti yang tertulis di judul, kita akan membahas Sembalun dulu ya….

Sejak berkembang menjadi agrowisata yang mengundang wisatawan lokal, nusantara, dan mancanegara, perjalanan menuju Desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, NTB, yang berada di kaki Gunung Rinjani ini tidaklah sulit karena akses jalan yang sudah cukup bagus.

Kamu bisa memilih jalan mana yang ingin kamu tempuh untuk bisa menikmati objek wisata Sembalun Lombok. Karena terdapat dua jalan yang berbeda yakni perjalanan melintasi Lombok Utara atau perjalanan yang melintasi Lombok Tengah.

Saya tidak bisa memastikan dengan jelas jalan mana yang lebih singkat menuju Sembalun Lombok. Tapi sebagai gantinya, saya bisa memastikan jalan mana yang lebih menyenangkan untuk kamu.

Perjalanan yang lebih menyenangkan yang dirasakan oleh wisatawan yang berkunjung ke Sembalun adalah ketika memilih perjalanan melalui utara atau Kabupaten Lombok Utara. Perjalanan kamu akan menyenangkan karena sebagian panjang perjalanan yang akan kamu lewati melalui jalur pantai.

Selain itu, volume kendaraan atau mobil yang melintas melalui jalan utara masih lebih sedikit daripada melalui jalur Lombok Tengah.

Kalau dari Kota Mataram, biasanya akan menghabiskan waktu kurang lebih 3-4 jam perjalanan.

Ckckck… lama juga ya?

Tenang. Bukankah dunia tidak selebar daun kelor? Apa lagi Pulau Lombok…. So, selamat datang di Sembalun Lombok.

Sebagai salah satu tempat wisata di Lombok, menikmati udara dingin Sembalun merupakan salah satu objek wisata yang diinginkan para wisatawan secara umum. Tapi, tentunya ada hal lain yang dilakukan dan dinikmati secara khusus di Sembalun yang merupakan wisata terpopuler di daerah tersebut.

Apa saja? Yuk, kita lihat deretannya.

6 Objek Wisata Favorit Wisatawan di Sembalun Lombok

1. Gunung Rinjani

Wisata Gunung Rinjani sembalun Lombok

Spot ini yang menduduki peringkat teratas di objek wisata Sembalun Lombok. Mungkin setelah menaklukkan gunung tertinggi ke-2 di Indonesia dengan ketinggian mencapai 3.726 mdpl ini, para wisatawan akan memiliki kebanggaan tersendiri ketika berada di atasnya.

Atau mungkin, menyelam sekalian minum susu deh. Udah sampai Sembalun, sekalian naik Gunung Rinjani.

Pada intinya, memang Gunung Rinjani memiliki keindahan yang sangat memukau. Entah itu di pagi maupun malam. Dengan Kaldera yang luas, satu hal yang tidak bisa di lewatkan adalah mengunjungi Danau Segara Anak Gunung Rinjani.

2. Rumah Tradsional Desa Blek

desa blek di sembalun lombok

Sumber: www.kampung-media.com

Ingin tau lebih tentang sejarah Sembalun? Disini jawabannya.

Rumah tradisional ini merupakan objek wisata yang tidak luput dari kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara. 7 rumah ini merupakan cikal bakal berkembangnya masyarakat di Sembalun Lombok.

Sama seperti rumah adat lainnya di Indonesia, Rumah Tradsional Desa Blek juga memiliki keunikan. Mulai dari bangunan rumah yang berasal dari alam, hingga tradisi penyambutan untuk tamu-tamu khusus yang berkunjung, seperti tarian maupun musik khas Lombok.

3. Kebun Buah

Kebun buah di Sembalun Lombok

Sumber: www.radarlombok.co.id

Selanjutnya adalah kebun buah. Lokasi untuk menemukan spot ini sangat mudah. Hampir di sepanjang jalan Sembalun Lombok. Tidak hanya pada waktu liburan panjang, ketika musim buah, setiap akhir pekan Sembalun tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan lokal maupun luar.

Setidaknya Sembalun memiliki 10 Buah andalan pariwisata seperti stroberi, apel, kentang, jagung, bawang, jeruk, wortel, pepaya, tomat dan jambu. Tapi yang cukup populer diantara 10 buah tersebut adalah buah stroberi dan buah apel.

Keunikannya adalah wisatawan cukup membayar tiket masuk ke kebun buah dengan harga 25-30 ribu rupiah untuk bisa makan buah sepuasnya. Kecuali, jika kamu ingin membawa pulang untuk oleh-oleh. Itu akan dikenakan harga perkilonya.

Untuk menikmati objek satu ini, kamu tentu harus tau musimnya. Musim stroberi biasanya panen sekitar bulan Juli dan Agustus. Sedangkan untuk musim buah apel, biasanya sekitar akhir tahun, yaitu bulan sepuluh.

4. Air Terjun Mangku Sakti

mangku sakti sajang di sembalun lombok

Sumber: berugaqelen2010.wordpress.com

Sensasi dingin dari Air Terjun Mangku Sakti ini memang akan membuat wisatawan tidak akan bisa melupakannya begitu saja.

kamu tidak perlu ragu untuk merasakan sensasi dinginnya. Air terjun yang merupakan campuran tanah dan belerang ini sangat menguntungkan untuk kesehatan kulit.

Kolam alaminya pun tidaklah terlalu dalam. Hanya sebatas paha orang dewasa. Tapi tetaplah berhati-hati, karena selain peluncuran air terjunnya sangat deras, dasar kolam juga sangat licin.

5. Bukit Pergasingan

bukit pergasingan di sembalun lombok

Sumber: www.embunpagitours.com

Dalam sejarahnya, bukit ini konon sering digunakan oleh nenek moyang warga Sembalun untuk bermain gasing.

Kemegahan Gunung Rinjani akan terlihat jelas melalui bukit ini. Kegiatan yang sering dilakukan oleh para wisatawan di bukit Pergasingan adalah camping.

Dengan berada di atas Bukit Pergasingan, kelap-kelip lampu Desa Sembalun akan terlihat, dan yang tidak kalah menarik adalah penampakan sunrise yang begitu sempurna, dipadu dengan keindahan alam Sembalun secara keseluruhan.

6. Taman Wisata Pusuk Sembalun

Taman wisata pusuk sembalun lombok

Sumber: www.kampung-media.com

Tidak hanya menampilkan kepada kamu sebuah panorama alam dengan kealamian yang eksotis, seperti hijaunya pegunungan yang disertai banyaknya rimbunan pepohonan.

Berada diatas Taman Wisata Pusuk Sembalun juga akan memperlihatkan kamu tebing-tebing curam yang indah secara langsung.

Setelah melewati jalan tanjakan dengan tikungan tajam, ada baiknya untuk mengambil istirahat sejenak sebelum melanjutkan perjalanan untuk menelusuri Sembalun Lombok.

Itulah 6 objek wisata yang terpopuler di Sembalun Lombok.

Sebagai wisata pegunungan, objek wisata di Sembalun tentu tidak hanya enam. Namun masih banyak lagi terutama pada objek wisata air terjun dan perbukitan yang belum saya tulis dan saya anggap sebagai PR saya.

Dengan mengetahui setidaknya ada 6 objek wisata yang ada di Sembalun, untuk dapat menikmatinya, 1 atau 2 hari tentulah belum cukup. Namun, para traveler tidak usah khawatir. Di Sembalun terdapat banyak penginapan istimewa dengan harga terjangkau.

Kalau saran dari saya, inilah penginapan yang murah dan bagus di Sembalun, Lombok.

Jadi, siapkan waktu luang kamu yang maksimal untuk bisa menikmati keindahan Sembalun Lombok.

One Response

Leave a Reply