Manfaat Buah Matoa (Si Eksotis No.1 Dari Papua)

Manfaat Buah Matoa – Buah matoa bukan hanya buah eksotis dari Nusantara Indonesia. Berasal dari tanah Papua, matoa menjadi salah satu permata dari pulau yang kaya ini. Papua terkenal dari keindahan alamnya dan koleksi flora dan fauna dan matoa yang kaya berada di urutan teratas. Selain itu, karena ini bukan buah yang terkenal, manfaat kesehatan dari buah matoa mungkin mengejutkan Anda.

Matoa memiliki nama ilmiah Pometia pinnata dari keluarga Sapindaceae , jadi itu terkait erat dengan leci dan maple. Rasa buah matoa seperti campuran rambutan, leci dan buah lengkeng, dengan tekstur juicy dan sangat manis, sering dijuluki dengan nama simanis dari Papua.

Pada artikel kali ini kita akan membahas seluruh manfaat dari buah tropis ini, langsung saja tanpa perlu panjang lebar silahkan di simak.

Nutrisi & Manfaat Buah Matoa

Meskipun popularitas buah matoa semakin meningkat baru-baru ini, studi intensif untuk mempelajari tentang nilai gizi buah matoa sangat dibutuhkan. Namun, secara ringkas buah matoa cukup kaya akan vitamin C dan vitamin E yang merupakan sumber antioksidan kuat yang sangat penting bagi kesehatan manusia. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang buah matoa di bawah ini adalah daftar manfaat kesehatan buah matoa.

Sumber Antioksidan Untuk Tubuh

Seperti disebutkan di atas, buah matoa cukup kaya akan vitamin C dan vitamin E. Kombinasi kedua vitamin itu akan memberi Anda antioksidan kuat yang dibutuhkan tubuh Anda untuk melawan radikal bebas secara efektif. Sudah menjadi rahasia umum bahwa semua buah yang kaya vitamin C adalah penambah imunitas yang sangat baik dan buah matoa tidak terkecuali.

Infeksi virus tidak akan berakibat fatal tetapi melawannya bukanlah kasus yang mudah. Hal terbaik untuk melawan infeksi ini adalah dengan memastikan sistem kekebalan Anda dalam keadaan prima dan mengonsumsi matoa yang kaya vitamin C dan antioksidan adalah perlindungan yang sempurna terhadap infeksi virus.

Menambah Sistem Imunitas Tubuh

Buah matoa adalah camilan sehat yang bisa Anda konsumsi setiap hari karena kaya akan vitamin E yang penting menghilangkan stres. Setiap kali Anda merasa stresfull, terkadang nafsu makan Anda juga meningkat, ngemil dengan buah matoa tidak akan menyebabkan penambahan berat badan, tetapi justru akan menghilangkan stres Anda secara efektif.

Selama latihan, Anda membutuhkan daya tahan dan untuk meningkatkan produktivitas kerja, Anda juga perlu mengembangkan daya tahan. Daya tahan tubuh terkait erat dengan stamina Anda saat ini dan senyawa gula yang ditemukan dalam buah matoa adalah penambah energi yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh Anda.

Menambah Kesuburan Pria/Wanita

manfaat bua matoa
harga.id

Jika Anda memiliki masalah dengan kesuburan, mungkin memasukkan buah matoa ke dalam makanan harian Anda bisa menjadi solusi alami yang Anda cari untuk meningkatkan kesuburan pria dan wanita sebesar 20-30%. Selain itu, buah jenis ini cukup aman untuk dikonsumsi oleh pria dan wanita. Karena Vitamin E mengandung antibodi dan melindungi sel telur wanita.

Berpotensi Menangkal Kanker

Kanker terjadi ketika radikal bebas bebas mengakses tubuh Anda. Antioksidan adalah masalah nyata bagi radikal bebas karena mereka akan melawannya dan mencegah perkembangan sel kanker. Karena kaya vitamin C dan vitamin E, buah matoa adalah sumber antioksidan yang sangat baik.

Mendukung Kesehatan Jantung

Vitamin E juga bagus untuk jantung karena menjaga sel-sel jantung yang sehat dan mencegah degenerasi sel-sel dan meningkatkan pembuluh darah dan arteri yang sehat. Vitamin C akan membantu meningkatkan aliran darah.

Membuat Elastisitas Pada Kulit

Tentunya Anda sudah tahu bahwa vitamin E sangat bagus untuk kulit. Sementara vitamin C berkontribusi dalam produksi kolagen untuk menjaga elastisitas kulit Anda. Antioksidan akan mendorong regenerasi sel kulit yang optimal untuk membuat Anda terlihat lebih muda sedikit lebih lama.

Sebagai Obat Disentri

Meskipun penelitian lebih lanjut tentang buah matoa dapat menyembuhkan disentri masih dibutuhkan oleh penduduk setempat, buah matoa telah digunakan sebagai obat rumah untuk menyembuhkan penyakit ini selama bertahun-tahun.

Obat Alami Untuk Ambeien

Mengobati wasir. Penyakit wasir atau ambeien menyerang bagian paling pribadi pada tubuh manusia sehingga tidak hanya menyakitkan namun juga memalukan. Tentu ada banyak pengobatan untuk penyakit ini mulai dari obat-batan, herbal dan banyak lagi dan salah satu yang kami anjurkan coba dengan mengkonsumsi buah matoa.

Mencegah Hipertensi (Tekanan Darah Tinggi)

Ekstrak buah matoa mengandung zat yang bersifat diuresis atau meningkatnya jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Lalu dengan meningkatnya cairan tersebut maka tekanan darah akan otomatis meningkat. Jadi saat cairan kembali normal bisa membuat tekanan darah turun.

Menetralisir Racun Dalam Tubuh

Dalam tubuh manusia terdapat racun yang masuk dari berbagai sumber melalui makanan, untuk mengeluarkan racun tersebut bisa dilakukan dengan berolahraga dan mengeluarkan keringat karena jika tidak segera dikeluarkan pasti berdampak negatif untuk tubuh, seperti penyakit lain yang berbahaya. Tentu banyak sekali cara yang dapat kita lakukan untuk membantu tubuh mengeluarkan racun, salah satunya dengan mengonsumsi buah matoa ini.

Mencegah Munculnya Jerawat

Mencegah timbulnya jerawat Dengan rajin mengonsumsi buah matoa yang sarat dengan vitamin C dan E juga dapat mencegah timbulnya jerawat sehingga kulit terlihat lebih bersih.

Mempercepat Penyembuhan Luka

Dalam buah matoa mengandung senyawa yang dapat mendukung dan percepat penyembuhan luka. Sehingga luka akan lebih cepat kering dan sehat seperti sedia kala.

Manfaatnya Untuk Ibu Hamil/Promil

Untuk manfaat buah matoa untuk ibu hamil sendiri yang pertama untuk mendukung pertumbuhan janin dan menambah nutrisi yang kurang dari tubuh. Seperti Vitamin dan Antioksidan.

Selanjutnya hanya manfaat tambahan seperti mengatasi stres, menyehatkan kulit, mengurangi resiko kanker dan menjaga imunitas bumil, saat promil.

Manfaat Buah Matoa Untuk Anak

Buah ini juga dapat dikonsumsi untuk anak-anak tetapi harap untuk tidak memberikan terlalu banyak minimal 1/2 buah matoa dalam 3 hari sekali sudah cukup. Hindari memberi anak anda buah matoa saat masih berusia 1/2 tahun, karena dapat menimbulkan banyak efek samping, mulai dari kadar vitamin yang berlebihan serta pencernaan yang terlalu sering.

Ciri Ciri Buah Matoa Matang

manfaat buah matoa
channelbunda.com

Manfaat Batang / Kayu Matoa

Selain buahnya Batang/kayu matoa tidak kalah bermanfaatnya karena baik untuk kesehatan serta tujuan lainnya. Berikut beberapa manfaat batang/kayu matoa:

Manfaat buah metoa

Manfaat Daun Buah Matoa

Tak pernah terbayangkan bahwa selain buah dan kayu, ternyata daunnya juga sangat bermanfaat dan sering digunakan untuk kebutuhan pada tempat asalnya, yaitu:

manfaat buah metoa

Jadi manfaat yang bisa diperoleh dari matoa ada banyak sekali, mulai dari batang, dan daun matoa. bahkan selain untuk kesehatan, kecantikan, kesuburan, juga sangat baik digunakan sebagai bahan baku bangunan, perahu, bahkan mebel.

Peringatan Buah Matoa

Masalah dengan buah matoa ketika datang ke hati-hati atau efek terbalik dari buah ini masih belum diketahui. Karena penelitian yang dilakukan tentang buah matoa tidak banyak.

  • Hati-hati dengan reaksi alergi karena ini bukan jenis buah yang biasa Anda temukan di pasaran. Jika Anda alergi terhadap leci atau buah lengkeng, mungkin menghindari buah ini adalah langkah bijak.
  • Jika Anda tidak terbiasa dengan buah ini, jangan mencoba mengonsumsi jenis buah yang terlihat seperti buah matoa. Karena kemungkinan bukan buah matoa lebih tinggi dan mungkin bisa berbahaya bagi tubuh Anda.

Bagi penduduk setempat, buah matoa sangat populer. Karena mudah ditemukan dan tersebar secara alami di sekitar lingkungan mereka tetapi di luar Papua, buah ini agak sulit ditemukan. Harga yang cukup mahal tetapi untuk semua manfaat kesehatan tidak heran memiliki harga yang cukup tinggi dan sepadan dengan kualitasnya.

Leave a Reply