Manfaat Buah Manggis Ratu Buah Khas Indonesia

Manfaat Buah Manggis – Warna merah, ungu kehitaman khas dari sang ratu buah, yaps! Manggis. Belum banyak orang tahu tentang khasiat, Manfaat serta nutrisinya. Sementara manggis termasuk buah tropis yang tersebar luas di dalam maupun luar negeri.

Banyak orang bertanya-tanya, apa manfaat buah manggis, apa manfaat dari kulit buah manggis, hingga manggis mengandung vitamin apa. Tenang pertanyaan akan terjawab dalam artikel manfaat ini.

Tidak diragukan lagi sang ratu buah ini banyak sekali menyimpan nutrisi serta manfaat baik untuk mendukung kesehatan tubuh manusia. Langsung saja tanpa perlu berlama-lama, berikut pembahasan-nya.

Kandungan & Manfaat Buah Manggis

manfaat buah manggis

Dimulai dari sebuah study yang menyatakan bahwa buah manggis memiliki sifat antioksidan, anti kanker, anti-inflamasi dan antimikroba yang kuat. Senyawa yang aktif dalam buah tersebut memainkan peran penting dalam memerangi berbagai penyakit serius dalam tubuh.

Nah! untuk mengetahui bagaimana cara buah ini memperlakukan kondisi seperti itu silahkan teruskan baca sampai selesai. berikut seluruh manfaat dari buah manggis.

1. Antioksidan & Kekebalan Tubuh

Kaya akan kandungan antioksidan membuatnya sangat rekomended untuk menangkal dan memerangi radikal bebas yang menyerang tubuh, yang disebabkan oleh Vitamin C, folat dan senyawa xanthones.

Xanthones

Merupakan senyawa tanaman unik yang dikenal memiliki sifat antioksidan kuat.

Jadi aktivitas antioksidan xanthone tadi menimbulkan efek anti-inflamasi, anti-penuaan, anti-kanker dan anti-diabetik.

Ringkasan

Manggis mengandung vitamin dengan kapasitas antioksidan, serta kelas unik senyawa antioksidan yang dikenal sebagai xanthones.

2. Mengurangi Resiko Kanker

Seperti pembahasan sebelumnya, senyawa tanaman spesifik pada manggis – termasuk xanthones – memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi, yang dapat membantu melawan perkembangan dan penyebaran sel kanker.

Tetapi beberapa penelitian mengungkapkan secara spesifik, bahwa xanthones dapat menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk di payudara, perut dan jaringan paru-paru saja.

Ringkasan

Meskipun hasil ini menjanjikan, penelitian yang tidak memadai telah dilakukan pada manusia, jadi memerlukan study lebih lanjut.

3. Menurunkan Resiko Autisme

Tidak di ragukan lagi biaya pengobatan untuk pengidap Autisme memang tidaklah murah, tapi tenang sudah banyak pengobatan alternativ untuk pengidap penyakit ini. Disini kami tidak akan membahasnya dan hanya memberikan beberapa saran untuk mencegah penyakit tersebut, yaitu dengan memakai kulit manggis sebagai medianya.

Alternativ pengobatan ini menggunakan kulit manggis yang diolah menjadi minuman (herbal) dan terbagi menjadi beberapa olahan, yaitu teh kulit manggis, teh seduh kulit manggis dan jus kulit manggis, nah disini akan saya bagikan yang paling mudah untuk dicoba saja, bagaimana cara mengolah kulit manggis menjadi obat, dengan cara.

  • Ambil kulit manggis segar dari buah yang sudah benar-benar matang, lalu cuci hingga bersih.
  • Rebuslah kulit manggis tadi dalam air selama 10 menit, selanjutnya buang air rebusannya untuk memisahkan getah dan tannin kulit manggis. karena jika dikonsumsi akan menimbulkan sakit perut/mulas.
  • Lalu masukan ke mesin blender disertakan dengan es batu (blender selama 10 menit) tanpa di campur apapun.
  • Langkah akhir saringlah buah manggis hasil blender tadi dan diperas untuk mengambil ekstraknya.

Simpanlah perasan kulit buah manggis tadi pada botol atau wadah yang tertutup rapat, simpan dalam lemari es. Konsimsilah ekstrak kulit itu sebanyak 2 sendok makan setiap hari.

4. Mengatasi Insomnia

Antioksidan tinggi dalam buah manggis dapat melancarkan sirkulasi aliran darah, dengan begitu tubuh akan terasa lebih rileks dan mengantuk.

5. Mencegah Diabetes Type II

Bolehkan diabetes mengkonsumsi manggis?.. Tentu boleh hanya saja harus membatasi dalam mengkonsumsinya, karena buah manggis akan memberikan asupan 50-60 kalori tergantung dari besar buahnya, pada tubuh dan untuk pengidap diabetes harus membatasi asupan kalorinya.

Minimal konsumsilah 1-2 buah manggis dalam 1 hari, karena cukup aman untuk pengidap diabetes.

6. Mengatasi Diare/Wasir

Untuk pengobatan wasir atau deare kali ini bukan menggunakan buahnya, melainkan dengan kulitnya, karena kandungan antioksidan dan vitamin dari kulit manggis serta senyawa inflamasi.

Dipercaya oleh beberapa ahli kesehatan dapat mengobati wasir walaupun perlu banyak penelitian lanjut tentan gini.

7. Mengobati Sariawan

Penyebab sariawan dikarenakan oleh kekurangannya kadar air atau vitamin untuk tubuh, oleh sebab itu konsumsilah buah manggis 1x sehari untuk melengkapi asupan vitamin khususnya vitamin C.

Seperti yang tercantum dalam gambar di atas bahwa buah manggis mengandung kadar vitamin C sebanyak 5,68 mg dan kita semua tahu apa kegunaan dari vitamin tersebut.

8. Mengatasi Sakit Maag

Buah manggis juga termasuk penangkal sakit maag karena dilansir oleh hellosehat, bahwa sakit maag terjadi akibat naiknya asam lambung tinggi, oleh sebab itu alangkah baiknya memilih buah-buahan yang tepat untuk mengobatinya saat kambuh.

Salah satunya dengan mengkonsumsi buah manggis, karena buah ini memiliki rasa manis. tidak asam dan kecut jadi mungkin cocok untuk menangkal maag.

9. Menurunkan Kolesterol

Kolesterol dapat memicu struk, bahkan penyakit ini bukan menyerang kaula tua melainkan sudha banyak kaum pemuda yang terserang struk karena kolesterol.

Salah satu cara untuk mengurangi atau menangkal kolesterol adalah dengan mengkonsumsi manggis, Karena gamma mangostin dan polifenol yang terdapat dalam buah manggis dapat bantu pencegahan oksidasi kolestrol jahat, serta menurunkan kadar kolesterol menyeluruh dalam tubuh.

10. Menyehatkan Pencernaan

Terbukti dalam 1 gelas buah manggis menyimpan 196 gram dan meningkatkan sistem pencernaan manusia sebesar 14% RDI. Serat memang sangat penting sebagai tambahan nutrisi untuk tubuh manusia dan salah satu tujuan serat ialah untuk mendukung sistem pencernaam tubuh.

Buah Manggis Untuk Kecantikan

Selain bermanfaat untuk organ dalam tubuh dan peradangan, buah manggis juga bisa berguna untuk kecantikan wanita, jadi tidak heran kenapa buah ini menyandang gelar sang ratu buah, cekidot!.

Menurunkan Berat Badan

Diet sehat dengan buah manggis yang sudah terkenal di industri kesehatan maupun kebugaran, dapat membantu turunkan berat badan. Bahkan senyawa didalamnya dapat mengatasi obesitas, karena efek anti-inflamasi dari buah manggis berperan meningkatkan metabolisme lemak dan mencegah penambahan berat badan.

Ringkasan

Anti-inflamasi dan beberapa senyawa dalam buah manggis mampu atasi berat badan termasuk obesitas tahap awal.

Meremajakan Kulit Wanita

Siapa sangka buah manggis juga dapat berguna dan mendukung dalam meremajakan kulit khususnya untuk kaum wanita, karena beberapa senyawa di dalamnya.

Tentu kita sudah banyak mendengar banyak sekali buah yang dapat meremajakan kulit, termasuk buah manggis, karena mengandung senyawa yang bersifat anti-inflamasi, anti-bakteri, anti-jamur, anti-alergi, dan anti-oksidan yang akan mendukung dalam menyehatkan kulit dari kondisi peradangan kulit, penuaan kulit, eksim, alergi, dan infeksi bakteri.

Buah Manggis Untuk Ibu Hamil

Tentu dalam promil kita haris memaksimalkan serta menjaga asupan nutrisi yang disarankan oleh dokter agar janin dapat tumbuh sehat. Tapi ibu hamil juga perlu tahu bahwa buah manggis dapat mendukung promil bunda.

Dilansir dari dalam 50 gram buah manggis mengandung 3,7 gram serat yang baik untuk mengurangi sembelit yang dirasakan sang ibu rasakan saat dalam proses kehamilan.

Buah Manggis Baik untuk Anak

Belum banyak orang tua yang mengetahui manfaat buah manggis untuk sang buah hati, dengan adanya info dari kami diharapkan akan menambah wawasan orang tua bahwa manggis mengandung beberapa manfaat yang baik untuk anak Anda, yaitu.

  • Membantu sistem pencernaan anak.
  • Mencegah autisme.
  • Mengatasi gangguan tidur anak.
  • Mencegah diabet tipe II.
  • Mencegah kanker.

Sama halnya manfaat manggis pada umumnya, bahkan untuk anak tidak jauh beda hanya saja perlu memperhatikan takaran untuk anak, minimal berikan buah manggis / jus buah manggis 1x dalam 2 hari.

Note

Hindari memberi buah manggis untuk anak yang memang tidak suka atau mengalami masalah seperti alergi dsb.

Diet Sehat Dengan Kulit Manggis

Kulit dari manggis juga berguna untuk diet, jadi cara pembuatannya kalian bisa langsung tonton chanel berikut agar lebih mendetail, oke.

Meringankan Peradangan

Radang Tenggorokan (bronchitis)

Radang Paru-Paru (pneumonia)

Pembengkakan Paru-Paru (emphysema)

Efek Samping Buah Manggis

Ada banyak sekali efek samping dari buah manggis dan maka dari itu konsumsilah manggis sesuai kebutuhan anda, jangan terlalu banyak. Adapun beberapa efek samping tersebut mulai dari alergi, permasalahan pencernaan, masalah usus dll.

Jadi konsumsilah buah manggis sesuai kebutuhan harian untuk dewasa 2/3 buah per hari dan kids 1/2 buah per hari, terima kasih dan semoga artikel ini membantu.

Leave a Reply