Manfaat Buah Mangga Wajib Anda Ketahui Beserta Efek Sampingnya

Tinggi akan serat, vitamin dan mineral. Itulah manfaat buah mangga dan masih banyak lagi nutrisi yang terkandung dari buah tropis satu ini. Paduan rasanya yang unik, segar, berair dan lezat menjadikan buah mangga tidak akan hilang dari dataran Indonesia, bahkan mungkin akan semakin menyebar luas.

Nah!.. Pada artikel kali ini kami sajikan lengkap seluruh manfaat yang terkandung dan nutrisi luar biasa buah mangga. Serta bagaimana mengolah buah mangga agar siap dinikmati.

Manfaat Buah Mangga

manfaat buah mangga
pixabay

Buah mangga berbentuk montok dan oval dengan ukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa. Serta ada hal unik dari buah ini, yaitu saat masih mentah buah mangga akan berwarna hijau dengan rasa yang pahit dan ketika hampir matang rasanya akan berubah menjadi asam, lalu setelah sudah benar-benar matang rasanya sangat manis sekali.

Buah mangga termasuk kategori tumbuhan tropis karena banyak ditemukan pada daerah dengan iklim hangat dan dapat tumbuh subur di Asia Tenggara termasuk Indonesia. Akan tetapi buah mangga juga sudah mulai ditemukan pada negara-negara tertentu, seperti AS, Mexico dan Kariba.

1. Kandungan Gizi Buah Mangga

buah mangga manis
pixabay

Selain dari rasanya yang lezat, mangga juga mengandung beberapa zat, antara lain (folat, B6, zat besi dan kalsium) tak hanya itu saja antioksidan dalam buah mangga serta kandungan phytochemical tertentu seperti gallotannins dan mangiferin sangat baik untuk metabolisme tubuh manusia.

“Mangga adalah sumber folat yang baik, beberapa vitamin B, serta vitamin A, C, K dan E – yang semuanya membantu meningkatkan kekebalan tubuh.”

2. Kaya Akan Antioksidan

Buah mangga mengandung senyawa yang berfungsi sebagai antioksidan. Serta memiliki lebih dari selusin jenis yang berbeda, termasuk mangiferin, catechin, anthocyanin, quercetin, kaempferol, rhamnetin, asam benzoat dan banyak lagi.

Antioksidan memang sangat penting untuk tubuh manusia, sebab antioksidan bekerja untuk melindungi sel-sel Anda dari kerusakan akibat radikal bebas

“Mangga memiliki lebih dari selusin jenis polifenol, termasuk mangiferin, yang sangat kuat karena polifenol berfungsi sebagai antioksidan di dalam tubuh Anda.”

3. Buah Mangga Mencegah Obesitas

Pada tahun 2012 sebuah studi dilakukan untuk mengamati kulit buah mangga dan studi tersebut menyimpulkan bahwa terdapat banyak phytochemical (molekul tertentu) dari kulit buah tersebut, sehingga membuatnya mungkin dapat berperan dalam mencegah obesitas.

4. Mangga Baik Untuk Pencernaan

Kita semua tauh bahwa buah yang memiliki kadar serat tinggi dapat mendukung sistem pencernaan agar lebih teratur, begitu juga dengan buah mangga yang memiliki beberapa kualitas sehingga membuatnya sangat baik untuk kesehatan pencernaan.

Serta mengandung sekelompok enzim pencernaan yang disebut amilase, enzim pencernaan memecah molekul makanan besar sehingga mudah diserap.

Amilase bekerja sebagai pemecah karbohidrat kompleks menjadi gula, seperti glukosa dan maltosa. Enzim ini lebih aktif dalam mangga matang, itulah sebabnya mereka lebih manis dari pada yang mentah. Selain itu, karena mangga mengandung banyak air dan serat makanan, mangga dapat membantu atasi masalah pencernaan seperti sembelit dan diare.

“Mangga memiliki enzim pencernaan, air, serat makanan dan senyawa lain yang membantu berbagai aspek kesehatan pencernaan.”

5. Manfaat Buah Mangga Untuk Kulit

Kadar Vitamin A dan C dari buah ini juga baik untuk kesehatan kulit dan rambut, oleh karena itu kamu perlu tau hal ini sebab. Selain berperan sebagai antioksidan Vitamin C yang terkandung dalam buah mangga juga mendukung pembentukan kolagen berprotein, yang akan membuat penyembuhan pada kulit dan membuatnya lebih elastis.

“Mangga mengandung vitamin C sehingga membuat kulit menjadi lebih elastisitas dan mencegah kendur serta keriput. selain itu Vitamin A pada buah mangga juga menyediakan mendukung untuk menjadikan rambut sehat.”

6. Manfaat Buah Mangga Untuk Diet

pixabay

Meningkatkan imunitas, kesehatan pencernaan merupakan manfaat utama dari buah mangga. ada segudang manfaat lain yang perlu kalian ketahui, salah satunya mangga juga berguna untuk diet.

Bagaimana bisa?.. ini penjelasan-nya.

Segelas buah mangga sama dengan 165g mangga yang sudah di iris. Memiliki kandungan lengkap jadi cocok sekali untuk program diet anda, berikut seluruh kandungan dalam buah mangga kenapa sangat cocok jika dikonsumsi untuk diet.

  • Kalori : 99
  • Lemak : 0.6 gram
  • Protein : 1,4 gram
  • Karbohidrat : 24,7 gram
  • Vitamin C : 67% dari Reference Daily Intake (RDI)
  • Vitamin A : 10% dari RDI
  • Vitamin E : 9,7% dari RDI
  • Vitamin B5 : 6,5% dari RDI
  • Vitamin B6 : 11,6% dari RDI
  • Vitamin K : 6% dari RDI
  • Kalium : 6% dari RDI
  • Niasin : 7% dari RDI
  • Tiamin : 4% dari RDI
  • Mangan : 4,5% dari RDI
  • Magnesium : 4% dari RDI
  • Riboflavin : 5% dari RDI
  • Folat : 18% dari RDI
  • Tembaga : 20% dari RDI

*RDI adalah Reference Daily Intakes yang artinya Referensi Asupan Harian.

“Mangga lezat dan dapat dinikmati dengan berbagai cara. Namun, mengandung lebih banyak gula daripada banyak buah lainnya. Nikmati mangga secukupnya dengan membatasi di bawah dua gelas (330 gram) per hari”

7. Manfaat Mangga Untuk Jantung

Pada tahun 2016 ada sebuah penelitian yang menemukan bahwa salah satu dari fitonutrien dan mangiferin dari buah mangga dapat menjaga dan mendukung kesehatan sel-sel jantung termasuk mengurangi peradangan pada jantung.

Selain itu, mangga juga dapat menurunkan kolesterol darah, trigliserida dan kadar asam lemak bebas. Sementara temuan ini cukup menjanjikan, penelitian tentang mangiferin dan kesehatan jantung pada manusia saat ini masih kurang. Karena itu, diperlukan lebih banyak penelitian sebelum dapat direkomendasikan sebagai pengobatan.

“Mangga mengandung magnesium, potasium dan antioksidan mangiferin, yang semuanya mendukung fungsi jantung yang sehat.”

8. Baik Untuk Kesehatan Mata

Kekayaan mangga akan manfaat dan nutrisi tidak hanya sebatas itu saja, jika kita mengulas lebih jauh mengenai Vitamin A tentu akan menemukan hal baru seperti apa kegunaan Vitamin A untuk tubuh.. Yaps! tentu akan banyak sekali kegunaan Vitamin A untuk tubuh dan salah satunya berguna sebagai kesehatan fungsi mata.

“Vitamin A dalam buah mangga dapat mendukung kesehatan fungsi mata serta melindunginya dari sinar matahari, setelah tau ini diharapkan tetap jaga tubuh anda,jangan sampai kekurangan vitamin A sebab dapat mengurangi kesehatan fungsi penglihatan, oke!.”

9. Menurunkan Resiko Kanker

Mangiferin, polifenol utama dalam mangga, baru-baru ini mendapat perhatian karena efek antikankernya. Sangat menjanjikan untuk mengurangi peradangan, melindungi sel-sel terhadap stres oksidatif dan menghentikan pertumbuhan sel kanker atau membunuh mereka.

Sementara penelitian ini menjanjikan, penelitian pada manusia diperlukan untuk lebih memahami efek antikanker mangga polifenol pada manusia.

“Polifenol pada mangga dapat melawan stres oksidatif, yang terkait dengan kanker usus besar, paru-paru, prostat, payudara dan tulang.”

10. Manfaat Buah Mangga Untuk Ibu Hamil

Nyatanya dalam proses kehamilan membutuhkan asupan buah yang nenti akan menambah energy dan mengurangi dehidrasi bagi ibu hamil, maka dari itu kandungan dan nutrisi dari buah mangga juga dapat membantu bumil. Apa saja manfaat yang di dapat jika mengkonsumsi buah mangga untuk kehamilan?..

  • Kadar air dalam buah mangga dapat menjaga suhu tubuh ibu hamil dan mencegah dehidrasi.
  • Vitamin dan nutrisi yang terkandung dalam buah mangga nyatanya dapat meningkatkan daya ingat dan konsentrasi.
  • Mencegah Scurvy artinya adalah mencegah penyakit yang disebabkan oleh kekurangan vitamin C.
  • Mendukung dalam menjaga kesehatan jantung dan usus ibu hamil.
  • Mengurangi pengaruh buruk radikal bebas terhadap janin.
  • Menguatkan sistem imun.
  • Mengobati sembelit/konstipasi.
  • Menjaga stamina tubuh selama kehamilan.

Itulah beberapa manfaat untuk ibu hamil yang mengkonsumsi mangga semasa kemahilan.

11. Manfaat Mangga Untuk Bayi

Kalau tadi mangga bermanfaat untuk bumil, sekarang kita bahas manfaat mangga untuk bayi (buah hati). Pada umumnya tidak ada perbedaan manfaat buah mangga untuk orang dewasa atau anak-anak.

Akan tetapi ada beberapa yang perlu anda ketahui, pastikan jangan memberi mangga untuk bayi yang berusia 3 bulan. Berikut manfaatnya:

  • Melancarkan pencernaan Anak/Bayi.
  • Menyehatkan pengelitan bayi dan menjadi lebih baik.
  • menguatkan memori dan konsentrasi.
  • Menyehatkan kulit bayi, menjaga daya tahan tubuh.
  • Mencegah anemia.
  • Menstabilkan Imunitas.
  • Menjaga berat badan.
  • Perlindungan dari sengatan matahari.

Itu tadi beberapa manfaat buah mangga untuk anak-anak dan masih banyak lagi manfaat yang belum di ketahui, karena study untuk buah mangga akan trus berlanjut.

Tips! Penyajian Mangga Yang Baik Untuk Anak

Sebelum menyajikan ada beberapa hal yang perlu bunda pastikan, berikut beberapa hal tersebut.

  • Pastikan jangan memberi mangga untuk bayi yang berusia 3 bulan.
  • Pastikan bayi tidak alergi terhadap mangga, bagaimana cara mengetahui bayi alergi mangga atau tidak?.. Pertama 1 potongan kecil mangga pada hari pertama dan perhatikan reaksi alergi. Lalu tunggu hingga 4 kedepan untuk memberi mangga lagi.
  • Pastikan Untuk menumbuk mangga dengan baik dan tanpa serat apa pun, Karena beberapa mangga ada yang punya banyak serat dan akan menyulitkan bayi saat menelan-nya. Jadi, ingatlah tekstur buahnya agar bayi tidak tersedak.
  • Pastikan mangga yang akan diberikan ke bayi cukup matang, karena jika belum benar-benar matang akan berefek gangguan pencernaan untuk bayi.

Itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum menyajikan mangga untuk diberikan ke bayi.

12. Manfaat Buah Mangga Untuk Wajah

Ada banyak sekali manfaat buah mangga untuk kulit, termasuk untuk wajah semua seperti yang dikutip oleh Style Craze.

  • Vitamin A dari buah mangga dapat membuat kulit wajah menjadi bercahaya. Mengurangi bintik hitam, komedo dan meremajakan sel kulit.
  • Siapkan 1 sendok mangga yang sudah di tumbuk, blander halus lalu siapkan 1 sdm susu cair atau susu bubuk + 1 madu lebah, campurkan semua dan gosokan ke wajah anda dengan lembut secara melingkar, khasiatnya akan membuat sel kulit mati dan komedo terangkat.
  • Antioksidan dalam buah mangga dapat menunda penuaan dan melindungi kulit dari radikal bebas.
  • Vitamin C dan A buah mangga mengandung nutrisi, yang bisa mengembalikan kulit yang terbakar matahari, caranya dengan menggosokan kulit mangga ke bagian kulit tangan atau kaki selama 10-15 menit.
  • Haliskan buah mangga dan pakai sebagai masker selama 10-15 menit, akan membuat kulit lebih segar dan bercahaya.

Itulah beberapa manfaat buah mangga untuk kesehatan kulit wajah, semoga bermanfaat.

13. Cara Memilih Mangga Tokoh Buah

Dalam pemilihan mangga yang siap di konsumsi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, yaitu.

  • Cek batang-nya pilih buah yang batangnya tidak terlihat digunting. Cirinya adalah ada bekas lubang di batangnya dan tidak memiliki sisi batang yang melekat di buah. intinya buahnya matang di pohon, tidak di gunting dan di peram.
  • berbentung bulat tidak lancip atau gepeng, karena mangga yang bagia atasnya bulat cenderung rasanya manis.
  • Cium aroma buahnya, yang matang tentu lebih kuat aromanya.

Hati-hati jika dari buah mangga terdapat banyak bercak hitam dan terasa lembek saat di pegang/tekan, itu menandakan mangga mulai busuk.

16. Resep Olahan Buah Mangga Praktis

Banyak resep olahan buah mangga yang tidak banyak diketahui orang, kali ini kami bagikan untuk kalian. Langsung saja berikut resep olahan-nya.

1. Parfait Mangga Yoghurt

Manfaat buah mangga
Sumber Hellosehat.com
  1. Haluskan sebagian mangga menggunakan blender dan campurkan air jeruk ke dalamnya. Sisakan ¼ bagian mangga untuk hiasan.
  2. Masukkan sebagian mangga yang telah dihaluskan ke dalam gelas bening, kemudian padatkan.
  3. Taruh satu sendok yoghurt di atasnya hingga membentuk lapisan putih.
  4. Letakkan potongan stroberi di atas yoghurt kemudian tuang madu ke atasnya.
  5. Lapisi lagi sisa mangga yang telah dihaluskan, kemudian berikan yoghurt, potongan stroberi, dan juga madu.
  6. Tambahkan potongan mangga ke atas potongan stroberi agar tampilannya semakin menarik.
  7. Dinginkan di lemari es sebelum disajikan.
<

2. Pisang Penyet Saus Mangga

Manfaat buah mangga
Sumber Hellosehat.com
  1. Campurkan mangga yang telah dihaluskan dengan gula pasir, kayu manis, cengkeh, dan tepung maizena. Aduk rata.
  2. Masak campuran hingga mengental sembari diaduk.
  3. Jika sudah mengental, matikan kompor dan angkat. Tambahkan potongan kurma ke dalamnya
  4. Siapkan wajan, kemudian panaskan margarin di atasnya.
  5. Tata pisang raja dan penyet dengan punggung sendok.
  6. Matangkan kedua sisinya kemudian angkat.
  7. Taruh pisang di piring dan sajikan dengan saus mangga, baik disiram di atasnya ataupun sebagai cocolan.
<

3. Sambal Acar Mangga

Kamu pecinta makanan pedas?.. kami juga sediakan resep untuk kalian. ini manisan mangga yang pedas, bisa di atur sesuai tingkat kepedasan yang kalian inginkan , cara buatnya ialah.

  1. Kupas mangga kemudian ambil dagingnya.
  2. Potong mangga dengan bentuk seperti korek api.
  3. Campurkan dengan ½ sdt garam, diamkan hingga air di dalam mangga keluar.
  4. Cuci dengan air matang, kemudian sisihkan.
  5. Goreng cabai rawit, cabai merah (sesuai keinginan) dan kemiri hingga matang (Sesuai keinginan). Kemudian haluskan dan tambahkan 1/2 sdt garam.
  6. Masukkan irisan mangga ke dalamnya dan aduk rata.

Itulah beberapa resep makanan yang dapat kami sajikan dari buah mangga, silahkan di tiru dan semoga anda suka.

17. Efek Samping Buah Mangga
pixabay

Mangga memang baik untuk kesehatan tetapi ada beberapa efek samping atau dampak buruk jika kalian terlalu banyak mengkonsumsinya, apa saja hal tersebut?..Berikut ulasannya.

  • Kegemukan
  • Potensi Karsinogenik
  • Masalah Perut
  • Risiko reaksi alergi

Itulah dampak buruk yang akan dirasakan jika berlebihan mengkonsumsi mangga. jadi konsumsilah mangga sesuai kebutuhan harian kalian minimal 2 buah mangga cukup di konsumsi 2x dalam seminggu.

Kesimpulan dari Keseluruhan

Perlu digaris bawahi lagi, mangga memang kaya akan vitamin, mineral, dan antioksidan bahkan telah dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan, termasuk efek antikanker yang potensial serta peningkatan kekebalan, pencernaan, mata, kulit, dan kesehatan rambut.

Yang terbaik dari semuanya, rasanya enak dan mudah ditambahkan ke dalam diet Anda sebagai bagian dari smoothie dan hidangan lainnya. Akan tetapi kalian juga perlu memperhatikan efek samping sebelum memakan/meminumnya oke.

Terima kasih telah membaca artiket tersebut, semoga dapat membantu anda setelah mengetahui manfaat yang dimiliki oleh buah mangga.

Leave a Reply