Manfaat Buah Duku Terbukti Buat Kulit Lebih Bersinar

Manfaat Buah Duku – Buah duku sangat terkenal sekali di tanah air dan juga di beberapa negara besar tertentu, duku termasuk jenis buah musiman, jadi kalian hanya dapat menjumpainya pada musim-musim tertentu.

Memiliki rasa yang enak, serta banyaknya manfaat dan nutrisi terkandung di dalamnya, sempat membuat buah ini menjadi primadona di Provinsi Sumsel (Palembang).

Pada artikel kali ini kita akan membahas seluruh manfaat, nutrisi dan khasiat dari buah duku secara lengkap, silahkan dibaca sampai selesai.

Manfaat Buah Duku

Manfaat Buah Duku

Nutrisi yang terkandung didalam buah duku terbukti dapat mendukung untuk meningkatkan imunitas dalam tubuh. Selain itu beberapa Vitamin dalam buah duku juga dapat membantu perkuat bagian-bagian tertentu di dalam maupun luar tubuh.

Penelitian menyatakan bahwa dari 100 gram buah duku, sudah cukup untuk memenuhi gizi harian sebanyak 65% dari nutrisi di dalamnya. Berikut daftar nutrisi yang terkandung di dalam buah duku :

(Kalori, Protein, Karbohidrat, Lemak, Kalsium, Fosfor, Zat besi, Vitamin A, B1, C9).

Selain dari nutrisi di atas, duku juga mengandung antioksidan baik untuk tubuh menjaga tubuh dari kerusakan akibat polusi atau zat beracun (radikal bebas). Karena Vitamin C yang ia miliki berperan sebagai antioksidan.

Menjaga Kesehatan Gigi

Manfaat Buah Duku
pixabay

Dari buah duku terdapat 9mg fosfor yang baik untuk menyehatkan tulang dan gigi. Karena 85% fosfor dalam tubuh manusia tersimpan pada tulang dan gigi, lalu sebagian kecil fosfor juga ada dalam sel serta jaringan dalam tubuh.

Selain untuk tulang dan gigi, fosfor juga dapat mengurangi rasa nyeri otot selepas berolah raga. Jadi fosfor memiliki peran penting dalam bagaimana tubuh manusia menyimpan dan memakai energi.

Menjaga Kesehatan Gusi

Pentingnya kita untuk kita menjaga kesehatan gusi pada mulut, karena ketika gusi anda sedang radang atau sakit. Otomatis akan menghambat aktivitas oleh sebab itu konsumsi banyak makanan, minuman dan buah-buahan yang mengandung Vitamin C.

Buah duku juga termasuk buah yang mengandung Vitamin C dinyatakan sebagai buah yang dapat menjaga kesehatan gusi anda.

Cocok Untuk Diet

pixabay

Buah duku mengandung senyawa yang dapat berguna dan mendukung diet. Kandungn tersebut berupa serat, vitamin B, vitamin C dan Zat besi. Selain itu kalsium serta beberapa kalori, lemak, protein dari buah duku juga membantu untuk diet porsi kecil.

Jadi bisa dipastikan buah duku berguna untuk diet porsi kecil dan saling melengkapi nutrisi yang diperlukan oleh tubuh ketika di konsumsi untuk diet.

Buah Penambah Darah

Mengkonsumsi buah duku bisa membantu seseorang terhindar dari anemia. Kandungan zat besi yang ada di dalam buah duku dikatakan bisa meningkatkan sel darah merah dan mengingat oksigen dalam tubuh. Kemampuan inilah yang menjadikan alasan kenapa duku bisa mencegah anemia.

Sebagai Anti Kanker

Duku mengandung antioksidan yang dapat membantu menghilangkan tubuh dari paparan radikal bebas. Hal itu sangatlah penting, mengingat radikal bebas merupakan penyebab utama pembentukan kanker dalam tubuh. Selain itu, duku juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar gula darah untuk mencegah diabetes.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Selain menjaga kesehatan gusi Vitamin C dalam buah duku juga dapat meningkatkan sistem imun/kekebalan tubuh anda. Serta membantu percepat sel-sel yang sedang mengalami pembentukan.

Manfaat Buah Duku Untuk Kecantikan

Manfaat Buah Duku
peranperempuan.id

Gak kebayang ya! Ternyata kandungan dan nutrisi dari buah duku juga bisa berguna untuk kecantikan, belum banyak orang yang mengetahui hal tersebut beruntunglah kamu yang tau sekarang jadi bisa langsung di coba.

Mencegah Penuan Dini

Banyak juga orang yang belum tahu bahwa duku sebenarnya memang banyak dijadikan bahan dasar pembuatan kosmetik pemutih kulit. Mulai dari bedak, pembersih, hingga krim pencerah.

jadi wajar saja mungkin buah duku dapat menurunkan tingkat penuaan dini karena nutrisi dan senyawa yang ada didalamnya, dari 100gram buah duku mengandung eekkal energi, dan 1gr protein serta 18mg kalsium bahkan karbohidrat 16,1 gr, vitamin c 9 mg, dan masih banyak nutrisi yang lain. Itulah kenapa banyak digunakan sebagai produk kosmetin, dan dapat mencegah penuaan dini.

Menyehatkan Kulit

Vitamin C dalam buah duku dapat membantu cerahkan warna kulit serta membantu terbentuknya kolagen. dari vitamin c menyimpan senyawa asam askorbat yang dapat membantu kolagen diproduksi sebagai protein. Kolagen dapat membuat kulit sehat serta terjaga elastisitasnya.

Selain itu Vitamin C termasuk sumber antioksidan yang dapat melawan adanya radikal bebas pada kulit dan memperbaiki jaringan ketika terdapat luka pada kulit.

Efek Samping Buah Duku

Buah ini sendiri memiliki berbagai kandungan baik, mulai dari karbohidrat, protein, kalsium, fosfor, tiamin, vitamin, dan niacin. Namun, tahukah kamu duku juga bisa berdampak buruk bagi kesehatan, apa saja dampak tersebut?..

  • Menyebabkan Maag – Jika ibu hamil muda memiliki riwayat penyakit maag, sebaiknya Mama mengawasi setiap makanan yang masuk ke tubuh ya!. Hindari makanan yang susah dicerna dan mengandung gas. Dan dalam hal ini duku dikatakan sebagai makanan yang sulit dicerna oleh lambung. Maka dari itu, makan duku sewajarnya saja, hindari konsumsi duku dalam porsi yang banyak sekaligus.
  • Mempercepat Masa Tumbuh – Tidak bisa dipungkiri, buah duku adalah buah yang mengandung karbohodrat tinggi, layaknya nasi. Sebagian orang menghindari konsumsi nasi karena nasi dianggap sebagai salah satu makanan yang mengandung karbohidrat tinggi yang bisa menambah berat badan.

Itu berarti karbohidrat berlebih pada sebuah makanan bisa berdampak pada berat badan. Maka dari itu, jangan mengonsumsi duku terlalu banyak sebab karbohidratnya yang tinggi bisa membuat gemuk dalam waktu cepat.

  • Risiko Diabetes¬†-Duku merupakan salah satu buah yang memiliki kandungan fruktosa yang cukup tinggi. Maka jangan pernah mengonsumsi duku dalam jumlah banyak sekaligus karena bisa meningkatkan risiko diabetes.
  • Meningkatkan Kadar Trigliserida¬†–¬†Trigliserida merupakan salah satu jenis lemak yang dibawa dalam aliran darah. Trigliserida sendiri berasal dari makanan serta minuman yang dikonsumsi oleh seseorang. Dengan tingginya kadar trigliserida, maka seseorang akan lebih berisiko terkena serangan jantung serta sindrom metabolik.

Maka dari itu, jangan mengonsumsi duku secara berlebihan dalam satu waktu sekaligus. Jika ibu hamil muda terserang penyakit jantung, maka bayi yang dilahirkan mungkin akan lebih kecil karena jantung Mama hanya dapat mengedarkan lebih sedikit oksigen dan nutrisi ke janin.

Itulah beberapa manfaat buah duku untuk kesehatan dan kecantikan dan efek samping yang ditimbulkan jika kita berlebihan mengkonsumsi buah ini dalam satu waktu, terima kasih semoga bermanfaat.

Leave a Reply