Kepulauan Mentawai: 8 Hal yang Membuat Wisatawan Ingin Berkunjung Lagi

Dikabarkan sekitar 02 Maret 2016, Kepulauan Mentawai dilanda gempa hingga 8,3 Skala Richter.

Wow! Untuk ukuran gempa, tentu pencapaian angka itu sangat fantastis dan sanggup memporak-porandakan kediaman penduduk hingga mencapai kerugian puluhan milyar.

Dengan angka itu, BMKG menyatakan bahwa gempa tersebut memiliki potensi tsunami.

Namun bersyukur, sekitar 2.5 jam berjalan, tanda-tanda tsunami tidak terjadi. Sehingga BNPB setempat mencabut sinyal peringatan bahaya tsunami.

Maaf, ini artikel tentang apa ya sebenarnya?…

Mungkin tepatnya, kita ikut berbela sungkawa dengan kejadian tersebut dan mendoakan supaya bencana alam akan jauh dari negeri kita tercinta ini, amien.

Wisata Kepulauan Mentawai

Jauh di balik semua itu, pada kenyataannya Kepulauan Mentawai menyimpan keindahan yang menggiurkan. Bukan hanya bagi wisatawan domestik, namun juga bagi para wisatawan dunia. Terutama yang sangat mencintai keindahan pantai, satwa, maupun hutan.

Selain masuk dalam list 100 surga Indonesia, lebih dahyat dari itu, Kepulauan Mentawai menyediakan ombak pipa yang memiliki panjang dan lorong yang stabil layaknya Pantai Hawaii dan Tahiti. Serta pernah mencuat dalam Conference on Sport Tourism yang diadakan di Seoul, Korea Selatan, sebagai salah satu wisata surfing terbaik dunia.

Kepulauan Mentawai terdiri dari 4 pulau. Sebut saja Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara, dan Pulau Pagai Selatan yang mayoritas masyarakatnya adalah Suku Mentawai.

Sebenarnya masih ada pulau-pulau kecil lainya. Namun, sebagai destinasi wisata, 4 pulau tersebutlah yang sering dikunjungi. Masing-masing pulau itu, tentu memiliki karakteristik yang berbeda untuk didatangi.

So, apa saja yang membuat Kepulauan Mentawai dirindukan oleh wisatawan? Mari kita kupas satu-persatu.

8 Hal yang Dirindukan Wisatawan dari Kepulauan Mentawai

1. Surfing

Pasir putih dan ombak kelas dunia. Kepulauan yang di kelilingi Samudera Hindia ini setidaknya memiliki 400 lokasi surfing yang tersebar dengan tingkat kesulitan yang berbeda.

Telah dibuktikan dengan kehadiran para surfer dunia yang datang ke Kepulauan Mentawai hingga 7000 turis setiap tahunnya. Tentu mereka ingin menikmati sensasi ombak surfing terbaik dunia yang ada di Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat tersebut.

Sebut saja Katiet spot Lance’s Right. Salah satu titik pavorit bagi para surfer. Terletak di pantai Pulau Sipora yang sekaligus menjadi tempat kompetisi surfing di Festival Pesona Mentawai 2016 yang telah diselenggarakan pada bulan April, 2016 yang lalu.

2. Sikerei

sikerei di kepulauan mentawai

Bukanlah lokasi wisata, tetapi merupakan salah satu profesi yang penting dalam masyarakat Suku Mentawai. So, apa keistimewaannya?

Telah banyak dipulikasikan, kerei adalah salah satu profesi dari penduduk Mentawai yang dapat mengobati orang sakit maupun bisa meramal nasib seseorang. Selain itu, dengan tarian khasnya, kerei menjadi penyemarak pesta-pesta rakyat Mentawai.

Namun pada kenyataannya, itu semua hanya sekedar varian dari fungsi kerei yang sebenarnya. Yakni sebagai mediator atau perantara antar manusia dan makhluk halus yang dipercayai dapat menjaga keharmonisan diantara keduanya.

Profesi itu bukan sebuah pilihan atau pun di cari-cari, melainkan terpilih melalui mimpi. Selanjutnya, orang-orang yang terpilih tersebut tidak bisa lari dari pilihan itu.

Jika disimpulkan, memang berbau mistis. Kalo kamu termasuk orang yang suka mistis, kerei tentu akan membuat kamu penasaran dan ingin mengetahuinya secara jelas dan langsung.

3. Tato Tertua di Dunia

tato tertua dari kepulauan mentawai

Telah banyak diberitakan tentang keunikan dan eksistensi Tato Mentawai. Selain menjadi tato tertua didunia, terdapat banyak sekali makna yang dikaitkan dengan struktur kemasyarakatan, kepercayaan, ekonomi, dan kesehatan. Bagi pencinta seni dan kebudayaan, keberadaan tato tato di Kepulauan Mentawai ini tentu sangat menarik untuk di teliti dan menonton langsung seperti apa proses pembuatannya.

Dan, pembuatan tato di Kepulauan Mentawai tidak bisa dibuat secara instan, akan banyak ritual yang akan di adakan untuk mengiringi pelaksanaannya.

4. Uma

foto bersama di uma kepulauan mentawai

Sumber: gpswisataindonesia.blogspot.co.id

Uma merupakan rumah adat Suku Mentawai sejak zaman dahulu. Uniknya, pembuatan Uma ini ternyata tanpa bahan besi satupun. Ia bisa berdiri kokoh karena dibuat dari bahan alam yang terjamin mutunya.

Di dalam Uma, biasanya terdapat  tengkorak hewan – hewan buruan. Menurut tradisi setempat, semakin banyak tengkorak kepala hewan buruan di dalam Uma, itu akan menambah pamor dari Uma tersebut.

Wisatawan biasanya tertarik untuk mengunjungi Uma karena merasakan suasana adat yang begitu kental.

Bisa dilihat dari keseharian dari para Suku Mentawai yang melakukan kegiatan yang mungkin terlihat unik bagi wisatawan. Mulai dari makanan hingga tempat tidur yang masih sangat alami, karena terbuat dari bahan bahan dari alam.

5. Flora dan Fauna Endemik yang Langka di Dunia

lutung kepulauan mentawai

Sumber: gpswisataindonesia.blogspot.co.id

Ini yang membuat Pulau Siberut lebih istimewa dari pulau-pulau lainnya di Kepulauan Mentawai. Di Pulau Siberut terdapat hutan hujan tropis, hutan primer dipterocarpaceae, hutan primer campuran, hutan pantai, hutan rawa-rawa, hingga hutan bakau yang dikenal sebagai paru-paru dunia atau biosfer.

Siberut juga telah menjadi Cagar Biosfer yang keenam di Indonesia, karena mendapat dukungan dunia internasional dan Unesco.

6. Kawasan Hutan

Hutan Mangrove di Kepulauan Mentawai

Sumber : gpswisataindonesia.blogspot.co.id

Lagi-lagi Pulau Siberut mendominasi. Kawasan hutan yang ada di pulau ini menjadi primadona farmasi-farmasi negara asing seperti Jepang dan Jerman, yang megincar tanaman obat asli Indonesia yang ada di Kepulauan Mentawai.

Hutan yang lebat dan asri di Pulau Siberut menyimpan ratusan jenis obat. Bahkan catatan dari WWF, terdapat 223 jenis tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati 129 jenis penyakit. Tapi pada kenyataannya, selama ini tetumbuhan obat yang ada di dalam hutan tersebut hanya dimanfaatkan sebatas untuk pengobatan tradisional oleh sikerei.

7. Surga Bawah Laut

Pemandangan bawah laut Kepulauan Mentawai

Sumber: indonesiatraveling.blogspot.com

Selain berselancar, para pecandu snorkeling dan diving akan tergila-gila dengan potensi yang satu ini. Salah satu surga bawah laut Kepulauan Mentawai yang terkenal adalah Wisata Laut Teluk Saibi Sarabua, dimana terdapat lamun dan terumbu karang yang cukup luas dengan flora-faunanya yang indah, unik, dan spesifik.Juga memiliki potensi perikanan yang sangat istimewa.

Tidak jarang, kawasan itu juga merupakan kawasan wisata yang menarik untuk memancing.

8. Rumah Rahasia Mendiang Paul Walker

Rumah rahasia Paul Walker di Kepulauan Mentawai

Sumber: www.picsofcelebrities.com

Sepertinya aktor Los Angeles, California, Amerika Serikat ini juga memiliki sumbangsih yang luar biasa bagi Kepulauan Mentawai. Melalui majalah pria (Mens Health) pada tahun 2010 silam, mendiang Paul Walker tidak segan-segan mengakui memiliki salah satu rumah rahasia di Kepulauan Mentawai.

Bukan tanpa alasan, aktor yang telah tewas karena kecelakaan mobil pada tanggal 1 Desember 2013 ini juga memiliki hobi surfing dan pernah mengikuti Kuliah Jurusan Biologi Laut.

Bahkan, di akun twitternya dia mengatakan hal ini:

Help! The beautiful Mentawais Reefs of Indonesia are being destroyed in a brutal practice. Please sign to help stop it.

So, bagaimana dengan rumah rahasianya?

Kabar yang pasti adalah rumah tersebut berada di Pulau Siberut. Aktor Fast And The Forious itu mengatakan bahwa rumahnya berada di tengah hutan. Bahkan hampir tidak ada akses jalan menuju kesana.

Tapi, sampai saat ini belum di temukan letak dari rumah pesohor tersebut secara pasti di Kepulauan Mentawai.

Yang paling penting adalah seperti apa keindahan Kepulauan Mentawai secara langsung hingga dikagum-kagumi banyal orang, termasuk aktor terkenal seperti Paul Walker.

Itulah 8 hal yang sampai saat ini masih menjadi trend dari Kepulauan Mentawai. Tapi tentu, bukan hanya sekedar itu. Masih banyak lagi hal yang menyenangkan di Kepulauan Mentawai hingga bisa menjadi surga bagi para wisatawan lokal maupun dunia. kamu akan merasakannya sendiri ketika mengunjungi Kepulauan Mentawai.

Kalau kamu benar-benar penasaran dan ingin traveling ke Kepulauan Mentawai, silahkan baca tips tambahan saya tentang 2 alternatif penyeberangan ke Mentawai yang lebih mudah ini.

Leave a Reply