5 Jenis Kamera Digital Terbaik yang Mestinya Kamu Miliki

Pindah sedikit, cekrek… Geser sedikit, cekrek… Apapun keadaan situasi dan kondisinya, tidak hanya kaum muda, bahkan yang sudah berumur juga senang dengan selfie. Apalagi selfie-nya pakai kamera digital terbaik. Warrrbiasa…

selfie dengan kamera digital terbaik

Kamu gak bakalan meninggalkan kebiasaan selfie maupun wefie bareng keluarga di suatu tempat dengan kameramu.

Sudah banyak kamera digital yang menyuguhkan fitur-fitur kamera yang sangat lengkap. Mulai dari wifi, layar preview yang bisa disentuh, bahkan berotasi 180 derajat. Belum lagi hasil foto yang menakjubkan di saat kondisi kurang cahaya (low light).

Berikut ini akan saya bagikan informasi tentang beberapa jenis kamera digital terbaik yang layak kamu miliki agar kamu semakin eksis dan hits di sosial media.


5 Jenis Kamera Digital Terbaik yang Harus Kamu Tahu


1. Jenis Kamera Digital SLR

jenis kamera digital terbaik dslr

Jenis Kamera Digital Single Lens Reflex ini lebih dikenal DSLR.

DSLR memiliki pengaturan yang cukup rumit. Ada tiga pengaturan yang harus kamu ketahui dalam mempelajari jenis kamera digital SLR. Kamu harus mengatur diafragma kamera, kecepatan menutup rana, dan tingkat sensitivitas (ISO).

Dengan ketiga komponen penting tersebut, kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Tentunya jika mengerti dan memahaminya. Kalau gak mau ribet sih, tinggal setting aja di mode otomatis, dah kelar urusannya. Hihi…


2. Jenis Kamera Digital Pocket atau Saku

jenis kamera digital pocket atau saku

Kamera ini sangatlah mudah selain harganya sangat terjangkau, kamu juga gak perlu pusing mikirin lagi pengaturang yang jelimet cukup di atur ke pengaturan otomatis dan hasilnya tidak kalah dengan hasil tangkapan kamera DSLR.

Namun, perbedaan jauh antara kamera DSLR dengan kamera digital pocket ini adalah jika dalam keadaan gelap (low light) kamera pocket sangatlah kalah karena tingkat sensitivitas sensornya (ISO) yang terbatas.


3. Jenis Kamera Digital Mirrorless

jenis kamera digital mirrorless terbaik

Kamera digital mirrorless hampir sama dengan kamera DSLR. Hanya saja kamera mirrorless tidak ada cerminnya.

Kalau kamu pernah menggunakan kamera DSLR, pasti kamu pernah mendengat suara sedikit berisik saat mengambil foto. Nah, yang berisik itu merupakan cerminnya.

Kameradigital mirrorless memberikan kemudahan kepada penggunanya dengan ukuran yang jauh berbeda dari kamera DSLR sehingga mudah sekali dibawa kemana-mana.

Tidak ribet membawa tas kamera yang besar. Jika ada momen yang membutuhkan waktu cepat, kamera digital mirrorless bisa jadi solusinya. Sudah banyak merk-merk terkenal mengeluarkan kamera digital mirrorless andalannya. Beberapanya kamu bisa melirik Fujifilm, Sony, dan Canon.

Silahkan kamu pilih sesuai dengan keuangan dan hasil riset, serta yang sreg sesuai hatimu seperti seperti halnya memilih jodoh. Eaaa…


4. Jenis Kamera Digital Action atau Aksi

salah satu jenis kamera digital action yaitu gopro

Salah satu dari jenis kamera action yang terkenal, mungkin sudah kamu tahu. Ya… kamera GoPro.

Selain ukurannya yang kecil dan mudah sekali dibawa kemana-mana, kamu juga bisa mendapatkan gambar dan juga video yang di luar ekspektasimu.

Kamera action ini memang sangat cocok untuk kamu yang hobi melakukan kegiatan di luar ruangan, seperti trekking ke gunung misalnya.

Tapi sekarang sudah banyak pesaing kamera GoPro ini, dan hasilnya pun ya… hampir miriplah. Namun harga tidak bisa membohongi hasil jepretan dari kamera GoPro. Harga kamera GoPro sekitar 4 juta sampai 6 juta rupiah. Sedangkan para pesaingnya mematok harga jauh di bawah kamera GoPro.

Tinggal sesuaikan dengan keadaan isi kantong kamu saja.


5. Jenis Kamera Digital Udara atau Aerial

jenis kamera digital udara atau aerial

Kamera udara atau aerial kini merebak dimana-mana, karena hasil fotonya yang sangat mengagumkan dan juga masih jarang digunakan.

Kamera udara ini biasanya ditempelkan pada pesawat tanpa awak atau drone. Yang mana drone di kontrol oleh pilot sehingga hasil fotonya pun bisa disesuaikan dengan angle yang diharapkan.

Pilot drone bisa merangkap sebagai fotografer dan videografer karena kamera udara ini sangat mudah digunakan untuk video maupun foto. Lihatlah, foto di bawah ini merupakan hasil dari kamera udara. Satu kata untuk hasil foto di udara, awesome!

jenis kamera digital udara aerial terbaik

Sekarang, kamu tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan dan tujuanmu. Tujuannya jangan sampe mentok sekedar buat pamer saja, tapi harus menghasilkan profit juga untuk kamu dan menambah skill kamu ya… hehe.

Selalu buat produktif waktu kamu agar bisa bermanfaat untuk sesama. Salam sukses!

Leave a Reply