Cara Mengusir Nyamuk Secara Alami di Rumah Sangat Mudah di Terapkan

Cara Mengusir Nyamuk – Siapa yang tak tahu serangga ini, musuh manusia yang mengganggu dengan hanya terbang di sekitar kita. Bahkan sangat menjengkelkan ketika terbang di sekitar telinga sebab akan membuat kita tidak fokus dengan suara khasnya itu.

Selain mengganggu ada juga jenis nyamuk tertentu yang bisa meneyebabkan penyakit jika terkena gigitannya bahkan dapat menyebabkan kematian. Maka dari itu sebelum terjadi hal-hal yang merugikan jadi perlu untuk memperbaiki lingkungan ataupun tempat tinggal kita. Nah salah satunya dengan menjaga kebersihan.

Nah! di artikel kali ini kami akan membagikan beberapa tips ampuh serta efektif tentang cara mengusir nyamuk secara alami. Dengan media bahan tertentu, langsung saja berikut ulasannya.

Cara Mengusir Nyamuk dengan Cepat dan Mudah

cara mengusir nyamuk
pixabay

Mungkin perlu di garis bawahi mengusir nyamuk memang perkara yang penting dan bisa jadi mudah tetapi juga dapat di bilang sulit, sebab serangga ini masuk dalam kategori yang paling cepat dalam berkembang biak.

Apalagi jika di lingkungan kalian sangat kotor dan banyak genangan air, serta di penuhi dengan sampah apapun itu.

Karena nyamuk sangat menyukai tempat – tempat seperti yang telah disebutkan tadi. Tak hanya itu perkembangan nyamuk juga akan sangat meningkat pesat ketika sudah memasuki musim hujan.

Belum lagi kalau di gabungkan dengan lingkungan atau tempat tinggal kalian yang mudah tergenang air serta di ikuti dengan banyaknya sampah, tentu peningkatan populasi nyamuk akan semakin cepat.

Oleh karena itu sebelum mengetahui sarana apa saja yang kita gunakan dalam membasmi dan mengusir nyamuk, kita perlu memperhatikan hal tersebut.

Ada banyak tempat yang harus di perhatikan dan baiknya segera di bersihkan setidaknya tiap satu minggu atau bahkan setiap hari. Dengan bergotong royong bersama tetangga atau keluarga. Apa saja yang perlu kalian bersihkan agar para nyamuk gagal bereproduksi, berikut pembahasannya.

Membersihkan Sampah dan Selokan Air

cara mengusir nyamuk
pixabay

Selokan tempat tersebut merupakan bagian paling fatal dan termasuk tempat paling disukai oleh serangga nyamuk, karena memiliki suhu dan pastinya di penuhi sampah berpeluang tinggi meningkatkan keberhasilan dalam berkembang biakan si nyamuk.

Tak hanya itu saja keberadaan sampah dalam selokan menyebabkan terhambatnya aliran air (mampet) akan menyebabkan masalah baru seperti menimbulkan aroma tidak sedap serta yang paling fatal yaitu menyebabkan banjir di lingkungan sekitar dan menimbulkan penyakit.

Dengan rajin membersihkan lingkungan sekitar setidaknya kita mengurangi populasi nyamuk di lingkungan kita dan dengan bersihnya lingkungan dapat meningkatkan kenyamanan dalam beraktifitas. Walaupun nyamuk tidak dapat di basmi 100% akan tetapi kita sudah memutasi rantai perkembang biakan serangga tersebut di daerah kita.

Untuk kalian yang memiliki hobi akan hewan atau memiliki peternakan. sangat penting untuk memeriksa bagian luar serta wadah air minum dan kandang hewan kalian seperti (sapi, ayam, kambing dan hewan eksotic) lain-nya, sebab disana serangga ini sangat nyaman dan tidak hanya manusia saja hewan pun dapat terkena dampak virus dari nyamuk.

Bersihkah Bagian dalam Rumah

cara mengusir nyamuk
Hellosehat

Selalu bersihkan bagian dalam rumah anda setiap hari, mulai dari kamar, dapur, toilet dan tempat bermain anak. Mengurangi barang-barang yang tidak perlu merupakan hal yang bijak.

Pastikan untuk membuang membakar atau mengubur sampah plastik bekas makanan yang ada di kotak sampah, agar nyamuk tidak bersarang di dalamnya.

Tidak hanya bagian-bagian besar saja yang wajib di bersihkan, karena bagian ini pun perlu bersihkan juga semua seperti kolong lemari, kolong meja dan tempat-tempat gelap karena nyamuk sangat suka kegelapan.

Khusus untuk kalian yang suka mengkoleksi tanaman seperti bunga dll.

Maka wajib memeriksa apakah ada daun kering yang jatuh dan juga perlu memotong rumput yang sudah panjang, sebab hal ini merupakan salah satu aspek untuk mengusir nyamuk di dekat rumah.

Selain itu kamu juga bisa menggunakan sabun atau pengharum ruangan untuk mengusir nyamuk, ada banyak sekali aroma-aroma yang tidak di sukai oleh serangga tersebut seperti lavender, kulit jeruk, sereh.

Masih banyak lagi, mungkin salah satu dapat di pakai selain berguna sebagai pengharum juga dapat meningkatkan kenyamanan di dalam rumah karena aromanya.

Setelah kebersihan lingkungan dan di rumah teratasi, inilah beberapa aroma yang mungkin ampuh dalam mengusir serangga pengganggu ini, berikut pembahasannya.

Gunakan Lilin Aromaterapi

cara mengusir nyamuk
pixabay

Lilin ini sangat efektif sekali untuk mengusir nyamuk dari dalam kamar, karena memiliki zat dan aroma yang menyengat tidak di sukai oleh serangga apapun termasuk nyamuk.

Akan tetapi untuk penggunaannya kalian perlu meningkatkan penjagaan karena ini berhubungan dengan api.

Peringatan

Selalu ingat jauhkan dari jangkauan yang membuatnya mudah terjatuh atau jangkauan anak-anak.

Gunakan Ragi dan Minyak Lavender

Minyak Lavender Murni

Lavender merupakan tanaman yang tidak asing karena terbukti ampuh mengusir nyamuk, selain itu tanaman ini dapat di olah menjadi minyak yang juga lebih ampuh dalam mengusir nyamuk di sekitar anda.

Minyak dari tanaman / bunga lavender ini sudah banyak di produksi untuk beragam kegunaan, mulai dari parfum, sebagai obat nyamuk bakar dan semprot atau body lotion (autan).

Berikut ini beberapa tips menggunakan minyak lavender untuk mengusir nyamuk sangat mudah dan alami sekali, kalian cukup mengikuti langkah-langkah berikut.

  1. Beli minyak lavender murni, bisa di dapatkan melalui online shop agar lebih cepat.
  2. beli juga Ragi, untuk di mix dengna minyak lavender nantinya.
  3. Siapkan toples kecil atau gelas yang sudah tidak digunakan.
  4. Tuangkan air di toples atau gelas sekitar 10%.
  5. Lalu campurkan ragi dan minyak lavender sambil di aduk-aduk hingga merata.

Setelah semua siap letakan toples atau gelas tadi di bagian-bagian yang kerap di penuhi nyamuk atau bisa di tempatkan di setiap sudut dalam rumah. Cara mengusir nyamuk

Daun Sereh / Serai Ampuh Usir Nyamuk

Daun Serai

Daun sereh atau daun serai, kerap di jadikan bahan sebagai pengharum masakan termasuk dalam rentetan rempah-rempah masakan. siapa sangka tanaman ini juga dapat menjadi obat pengusir nyamuk berikut langkah-langkahnya.

  1. Siapkan alat menyemprot atau bekas botol parfum untuk menjadi spray anti nyamuk.
  2. Haluskan atau di tumbuk daun sereh / serai sebelum dimasukan ke dalam botol semprotan.
  3. Kalau di perlukan juga bisa menambahkan 1/2 perahan jeruk nipis.

Setelah siap semprotkan di setiap sudut rumah anda atau di dalam toilet serta dapur, untuk pembunuh serangga ini.

Manfaatkan Aroma Kulit Jeruk

Kulit Jeruk
pixabay

Buat kalian yang memiliki kesukaan memakan buah jeruk pasti sudah tahu kalau kulit jeruk berguna untuk mengusir serangga pengganggu. Khususnya di sekitar kita dan kerap juga dijadikan pengharum ruangan.

Adapun cara mengolahnya tidak sulit cukup jemur kulit jeruk di bawah sinar matahari.

Selanjutnya jika sudah kering letakkan di beberapa sudut rumah anda khususnya di dalam kamar. Untuk menjadi aromaterapi yang tak kalah harum dari merk pengharum ruangan lainnya.

Bunga Pengusir Nyamuk

Bunga Lavender
pixabay

Ada beberapa bunga yang tidak di sukai oleh serangga nyamuk dan dengan adanya bunga ini di dalam atau di pekarangan rumah cocok untuk kalian pecinta tanaman.

Mungkin anda perlu mengkoleksi bunga lavender karena tidak hanya mengusir nyamuk, lavender juga dapat menangkal tikus yang hendak bersilaturahmu ke rumah anda.

Ada banyak jenis bunga lavender dan setiap jenis memiliki warna serta keindahan dan keunggulan masing-masing untuk mewarnai pekarangan rumah anda.-

Selain lavender juga ada bunga lain seperti rosemery, geramery, krisan dan banyak lagi, tanaman bunga penangkal nyamuk.

Aroma Lemon Ampuh Usir Nyamuk

Jeruk Lemon
pixabay

Tidak jauh berbeda dengan jeruk, lemon juga cukup ampuh dalam menangkal kehadiran nyamuk. Karena aromanya yang harum sehingga banyak di gunakan untuk pembersih lantai, peralatan dapur dll.

Selain itu lemon juga dapat menangkal serangga kecil seperti semut, nyamuk atau kecoa di rumah dengan menyemprotkannya di kawasan lembab seperti toilet, dll.

Cara pembuatannya juga cukup terbilang mudah, yaitu.

  1. Siapkan air lemon peras secukupnya.
  2. Sapkan botol semprot seperti kispray atau botol parfum bekas.
  3. Masukan perasan jeruk lemon dan mix dengan air secukupnya (jangan terlalu banyak) agar tidak menghilangkan aromaterapi lemon.

Setalah siap mulailah semprot di setiap sudut-sudut rumah tempat bersarangnya serangga-serangga tersebut.

Gunakan Minyak Cengkeh

Cengkeh
pixabay

Selain serai minyak cengkeh juga dapat mencegah kehadiran serangga di dekat anda, dengan cara mengoleskan di bagian kulit. Walaupun aromanya kurang sedap tapi sangat ampuh untuk menghidari gigitan nyamuk atau serangga-serangga lainnya.

Lalu bagaimana cara mengolah minyak cengkah agar layak dan siap di gunakan, berikut langkah-langkahnya.

  • Campurkan minyak cengkeh dengan alkohol atau minyak zaitun dengan perbandingan 1-10
  • Aduk hingga benar-benar rata setelah itu oleskan di kulit seperti tangan dan kaki, kecuali wajah oke.

Noted

Harap jangan mengoles terlalu banyak karena akan berdampak dermatitis pada kulit. bersihkan kulit dengan cuci dengan sabun setelah nyamuk atau serangga sudah tidak ada lagi.

Atau bisa juga encerkan minyak cengkeh dan air dengan rasio 1-10 dan tuang dalam botol semprot dan di spray ke setiap sudut kamar dan rumah, anda mungkin perlu menyemprot secara berkala setiap 1/2 jam sekali.

Waspada

Jangan coba-coba di oles atau semprot de bagian wajah, mulut, mata dan hidung karena akan berdampak panas.

Selain itu minyak cengkeh juga akan lebih efektif jika di mix dengna minyak serai, khususnya dalam mengusir serangga termasuk nyamuk.Bawang putih termasuk bahan dalam masakan, dan memiliki banyak khasiat serta kegunaan yang salah satunya untuk menangkal serangga termasuk nyamuk.

karena aromanya yang tidak sedap dan menyengat yang tidak di sukai oleh kebanyakan serangga.

Cara pengolahan cukup simpel yaitu dengan menaruh irisan bawang putih di sudut kamar atau bawah ranjang dan di atas meja.

Mungkin ada beberapa orang yang tidak menyukai aromanya dan bagi kamu yang suka aroma bawang silahkan di terapkan.

Itulah beberapa tanaman dan buah yang dapat kamu gunakan untuk cara mengusir nyamuk yang sangat efektif sekali, untuk rumah anda. Selanjutnya ada beberapa hal yang dapat kalian lakukan setelah untuk mengurangi populasi nyamuk di sekitar lingkungan kalian yaitu.

Cara Ampuh Mengusir Nyamuk Dengan Memelihara Ikan

Mengapa kami menyarankan hal ini?..

Sebab ikan adalah hewan air dan nyamuk membesarkan anaknya melalui air jadi ketika telur nyamuk menetas dan menjadi lava (uget-uget) akan menjadi makanan untuk si ikan yang ada di bak mandi atau di kolam ikan (bagi pecinta ikan hias).

Tapi yang paling utama di gentong air kamar mandi perlu di masukan ikan, seperti ikan cupang dan lain-lain.

Walaupun air akan tercemar dengan sedikit kotoran ikan, tentu ini adalah penjagaan yang sangat efektif sekali. Kalian juga wajib membersihkan atau menguras air minimal 1 minggu sekali.

Sedia Raket Pengusir Nyamuk

Alat ini mirip seperti raket untuk olah raga badminton hanya saja ada aliran listrik si setiap celahnya yang mana saat nyamuk yang terperangkap akan tersengat listrik dan akan tercium aroma gosong.

Tapi alat ini tidak di sarankan untuk anak kecil, karena aliran listriknya yang sangat berbahaya untuk anak.

Bubuk Kopi Membasmi Telur Nyamuk

Mungkin tidak banyak orang mengetahui bahwa serbuk kopi dapat menyingkirkan nyamuk. Tapi atau lebih tepatnya serbuk kopi dapat membunuh telur nyamuk dengan beberapa cara berikut yaitu.

  1. Taburkan bubuk kopi di areas rumah yang terdapat genangan air dan terlihat banyak nyamuknya.

Maka dengan adanya air dan taburan bubuk kopi maka telur-telur nyamuk akan muncul ke permukaan. Sehingga telur nyamuk kekurangan oksigen dan gagal hidup.

Gunakan Untuk Mengusir Nyamuk Serbuk Kapur Barus

Kapur barus memang kerap di gunakan untuk mengusir serangga seperti semut, lalat dan nyamuk. Karena kapur ini memiliki zat yang tidak di sukai oleh beberapa serangga.

Walaupun tidak terlalu efektif untuk mengusir nyamuk tapi apa salahnya kalian coba, dengna melakukan langkah-langkah berikut.

Siapkan gelas yang berisikan air, lalu haluskan kapur barus dan masukan serbuk kapur dengan sambil mengaduknya hingga merata. Lalu letakan di bagian sudut kamar atau di bawah kolong kasur.

Peringatan

Hindari dari jangkauan anak-anak.

Mengusir Nyamuk Dengan Cara Pengasapan Anti DBD

Pada tahun lalu metode ini masih sempat dilakukan tetapi sudah mulai jarang terlihat di karena banyaknya metode yang lebih alami untuk mencegah nyamuk. Seperti pembahasan di atas dan cukup berdampak. Tapi tidak maksimal jika di bandingkan dengan pengasapan anti DBD.

Noted

Jika seluruh saranan di atas masih belum berhasil atau kurang memuaskan anda bisa langsung memanggil petugas pengasapan anti DBD.

Cara Menanggulangi Gigitan Nyamuk

Gigitan nyamuk memang tidak terlalu sakit hanya saja bagian badan yang tergigit akan terasa gatal dan menyebabkan bentol kemerahan. Tapi hal ini tidak terlalu berdampak serius jika tergigit jenis nyamuk biasa.

Tapi tetap saja harus waspada, bagaimana kalau tergigit jenis nyamuk yang mematikan seperti nyamuk DBD?..

Tentu akan sangat repot nantinya dan kalaup[un bernar terjadi sebaiknya lekas di bawa ke rumah sakit untuk di periksa dan rawat lebih lanjut.

Tapi jika hanya gigitan jenis nyamuk biasa kamu cukup mengatasinya dengan mengoleskan minyak kayu putih pada bagian yang tergigit.

Umumnya minyak ini digunakan khususnya untuk balita karena cukup terbilang ampuh dan minim resiko. kalian juga bisa mengoleskannya setelah mandi atau pada saat ingin tidur malam.

Karena aroma minyak ini tidak disenangi oleh nyamuk. Selain mengusir nyamuk minyak tersebut juga menangkal gejala anginan/masuk angin untuk si bayi.

Sekian demikianlah sekilas info terkait cara mengusir nyamuk semoga membantu dan menambah wawasan kita, silahkan menerapkan. Terima kasih.

Leave a Reply