Air Terjun Blang Kolam: Berwisata dan Terapi Gratis di Aceh Utara

Jika kamu adalah seseorang yang menyukai keindahan alam khususnya air terjun, objek yang masih belum banyak diketahui para treveler bernama Air Terjun Blang Kolam ini merupakan salah satu tempat keren yang perlu kamu jamah.

Air Terjun Blang Kolam: Dulu dan Kini

Objek wisata yang terletak di Kabupaten Aceh Utara ini ternyata menyimpan cerita masa lalu yang cukup mengerikan.

Betapa Tidak, kawasan yang tersimpan surga alam nan mempesona tersebut menjadi tempat lalu lalangnya peluru–peluru panas antara aparat dan gerilyawan saat itu.

Oke, itu lah masa lalu yang selalu tertinggal dan kalah oleh masa depan. Ehmm….

air terjun blang kolam di aceh utara

Sumber: ksmtour.com

Seiring waktu, kawasan tersebut telah mendapatkan perhatian yang hangat dari pemerintah daerah setempat.

Terbukti, setiap pengunjung yang datang akan dikenakan retribusi sebesar Rp 3.000 untuk pass masuk ke Air Terjun Blang Kolam. Juga terdapat jasa parkir dengan tarif yang berbeda untuk mobil dan sepeda motor.

Air Terjun Blang Kolam sejauh ini telah memiliki fasilitas-fasilitas yang standar sebagai objek wisata. Seperti tersedianya MCK atau Mushalla, bahkan sampai kebutuhan listrik jika kamu membutuhkan daya untuk perangkat mobile kamu.

Selain itu, di kawasan Air Terjun Blang Kolam kini sudah mulai terdapat penjual makanan dan minuman yang turut menghiasi. Sehingga pada waktu liburan, kawasan ini akan ramai dikunjungi.

Tapi pada umumnya, tempat wisata yang berbasis air terjun di Indonesia memang bisa dibilang rata-rata memiliki fasilitas terbatas yang tidak jauh berbeda.

Salah satunya yaitu tidak ada transportasi umum yang langsung menuju ke tempat air terjun. Sehingga para traveler lokal maupun asing harus menggunakan kendaraan pribadi untuk datang berkunjung.

Perjalanan ke Air Terjun Blang Kolam

Berdasarkan rutenya, menuju Air Terjun Blang Kolam tidaklah terlalu ruwet. Entah dari mana keberangkatan kamu, kamu akan medarat di Bandara Malikus Saleh. Selanjutnya kamu dapat menggunakan taksi untuk menuju ke Desa Sidomulyo. Ya, di desa itu lah tempatnya.

Khawatir di perjalanan? Be relax guys, sopir-sopir taksi Aceh cukup jujur. Kamu tidak akan dipalaki dengan tarif yang tidak masuk akal. Namun kamu harus mengetahui kebiasaan orang Aceh, yaitu kebiasaan memberi tip. Jadi, cukup lebihkan secukupnya ongkos taksi sebagai tip.

Salah satu hal yang penting bagi traveler yang menuju wisata Air Terjun Blang Kolam adalah untuk tidak datang pada musim hujan. Alasannya adalah untuk menuju Air Terjun Blang Kolam, para traveler harus berjuang keras.

Untuk menuju kawasan Air Terjun Blang Kolam, kamu harus melewati kurang lebih 660 anak tangga sepanjang 770 meter. Jika dalam keadaan hujan, anak anak tangga itu akan licin dan mengakibatkan resiko. Terbayang kan panjangnya? so, cukup bawa barang seperlunya.

Disaat kamu menuruni anak-anak tangga, disisi kiri maupun kanannya masih berupa hutan yang lebat dengan suara khas hewan hutan yang terdengar merdu dan hawa pegunungan yang sejuk.

Bagi kamu yang sumpek hidup di perkotaan, suasana ini tentu sangat menyegarkan dan akan membawa kamu ke romansa kehidupan yang sangat berbeda.

Air yang terdapat di Air Terjun Blang Kolam pun tidak mengenal musim. Tidak akan terputus walaupun kamu mengunjunginya di musim kemarau.

Berwisata dan Terapi Gratis di Air Terjun Blang Kolam

Akhirnya, deburan air terjun pun terdengar sangat jelas. Kamu akan melihat ikan-ikan kecil yang melawan arus-arus kecil di antara bebatuan.

Sebagai terapinya, kamu dapat mencelupkan kaki kamu. Mungkin akan tersa geli jika tidak terbiasa, karena ikan-ikan kecil ini akan memakan sel-sel mati yang ada di kaki kamu.

Mungkin karena itu, terdapat berita bahwa kulit akan menjadi putih dan bersih setelah berkunjung dan melakukan terapi di Air Terjun Blang Kolam.

Selain itu, kegiatan yang menyenangkan disini adalah melompat dari tebing ke air terjun. Ketinggian tebing yang mencapai 4 meter ini akan membuat kegiatan ini terdengar sedikit membutuhkan nyali. Jika belum cukup bernyali, kegiatan menyenangkan ini tentu tidak akan disarankan untuk kamu lakukan.

So, itulah keindahan yang tersembunyi dari wilayah Kabupaten Aceh Utara yang tidak tersentuh 10 tahun lamanya.

Sebagai pencinta wisata air terjun, terlalu sayang jika kamu melewatkan koleksi yang tersembunyi ini.

Leave a Reply