8 Situs Penyingkat URL Gratis Terbaik

Menyingkat alamat untuk website yang kita miliki sangatlah dibutuhkan untuk tujuan apapun. Penting sekali untuk menggunakan layanan penyingkat url untuk memendekkan url dari website yang kita miliki agar lebih simpel dan menarik.

Beberapa hal yang membuat kita untuk menyingkat alamat website kurang lebih untuk menyamarkan alamat asli website kita agar tidak dapat terlihat oleh umum. Terkadang jumlah karakter yang terlalu banyak meninggalkan kesan yang buruk.

Beberapa media sosial pun juga membatasi jumlah karakter yang dapat dipublikasikan di media sosial tersebut, bisa saya ambil contoh twitter, yang membatasi karakter kurang lebih 160 karakter.

Dengan keterbatasan tersebut sangatlah penting untuk menyingkat url, tidak perlu khawatir karena untuk menyingkat url itu sangatlah mudah karena sudah ada beberapa situs yang menyediakan pemendekan url dengan mudah dan gratis.

Situs Penyedia Penyingkat URL

Ada 8 situs teratas menurut saya yang bisa Anda coba untuk memendekan url yang dihasilkan dari website Anda.

1. Google URL Shortener

Goog.le penyingkat url gratis

Simpel dan mudah, layanan penyingkat url dari Google ini sudah banyak digunakan oleh kalangan pengguna internet untuk menyingkat url. Tampilan yang sederhana dengan didominasi warna biru membuat mata tidak bosan saat melihatnya.

Contoh :

Input : www.namasitus.com

Output : goo.gl/urlyangdipendekan

2. S.id

S.id penyingkat url gratis

Dilihat dari ekstensi domainnya ini adalah penyingkat url buatan anak Indonesia, yang dibuat oleh PANDI, sebuah situs untuk mengelola domain Indonesia. Dengan adanya s.id kita tidak perlu khawatir lagi untuk menyingkat alamat website yang kita miliki.

Tampilannya simpel sehingga mudah untuk digunakan.

Contoh :

Input : www.namasitus.com

Output : s.id/urlyangdipendekan

3. Intip.in

Intip.in penyingkat url gratis

Anda tahu ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) ? Kalau belum tahu, ITS adalah salah satu institut terbaik yang ada di Indonesia yang bertempat di Surabaya, Jawa Timur. Salah satu kampus favorit bagi seorang pelajar yang ingin melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Lantas apa hubungannya ITS dengan intip.in ? Intip.in itu salah satu karya dari mahasiswa di ITS. Jadi intip.in ini produk anak Indonesia sama seperti s.id, perbedaannya hanya saja penyingkat url buatan mahasiswa ITS ini tidak menggunakan domain ekstensi Indonesia.

Contoh

Input : www.namasitus.com

Output : intip.in/urlyangdipendekan

4. McAf.ee

mcaf.ee penyingkat url gratis

Kalau dilihat dari namanya kelihatannya cukup familiar ya, namanya terlihat seperti nama sebuah perangkat lunak antivirus. Ya, tidak salah lagi namanya McAfee sebuah perangkat lunak yang menjadi antibodi bagi komputer kita di rumah yang setiap saat melindungi komputer kita dari serangan program jahat, dibaca malware.

Tidak hanya jago dalam menangkis serangan malware, McAfee juga jago dalam soal menyingkat url, buktinya mereka membuka layanan untuk memperpendek url agar lebih simpel, rapi, dan mudah untuk diingat.

Contoh :

Input : www.namasitus.com

Output : mcaf.ee/urlyangdipendekan

5. Bitly

Bitly penyingkat url gratis

Salah satu penyedia layanan penyingkat url yang banyak digunakan oleh manusia di seluruh dunia. Tidak jarang saya sering menjumpainya di sosial media, tidak perlu diragukan lagi desain yang minimalis dari segi user interface dan user experience yang begitu terpadukan satu sama lain.

Jadi tidak perlu kaget, jika bitly menjadi salah satu pemendek url yang sering digunakan untuk menyingkat. Saat artikel ini ditulis kurang lebih bitly sudah melakukan sebanyak 28 Milliar dalam menyingkat url.

Contoh :

Input : www.namasitus.com

Output : bit.ly/urlyangdipendekan

6. Kro.co

Kro.co penyingkat url gratis

Kroco menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah siput kecil. Sesuai dengan namanya kroco, situs ini unik menyongsong konsep binatang siput yang sering kita jumpai di sawah.

Kro.co situs buatan anak Indonesia sudah terlihat dari namanya saja sudah menggambarkan bahwa ini salah satu kosakata dari Bahasa Indonesia, telah melakukan pemendekan url sejumlah 53673 saat konten ini ditulis.

Contoh :

Input : www.namasitus.com

Output : kro.co/urlyangdipendekan

7. Ow.ly

Owly penyingkat url gratis

Kalau di posisi enam ada siput kecil sedangkan di posisi tujuh ada burung hantu kecil. Sesuai dengan namanya Owl, yaitu burung hantu.

Desainnya simpel, tapi sangat keren menurutku apalagi ditambah dengan vector burung hantunya yang bisa membuat kita tertawa karena lucu berbeda jika dibandingkan dengan yang aslinya yang bisa membuat kita susah tidur.

Contoh :

Input : www.namasitus.com

Output : ow.ly/urlyangdipendekan

8. Bit.do

Bitdo shortener

Selanjutnya ada terakhir, yaitu bit.do. Desain situsnya sangat simpel, jika dibandingkan dengan situs penyingkat url di atas menurut saya, bit.do mempunyai desain yang jauh dibawah jika dibandingkan dengan situs yang serupa dengannya.

Contoh :

Input : www.namasitus.com

Output : bit.do/urlyangdipendekan

Dengan adanya situs pemendek url semoga bisa membuat kita lebih mudah dalam pengelolaan website yang kita miliki.

Leave a Reply