Mau Usaha Gulali? Ini Perhitungan dan Persiapan yang Harus Anda Ketahui Sebelum Memulainya

Gulali. Siapa yang tidak tahu dengan salah satu jajanan tradisional yang biasa disebut juga dengan gula kapas atau cotton candy ini? Bahkan, perubahan jaman pun belum bisa menyingkirkan panganan ini dari daftar jajanan kegemaran anak-anak saat ini.

Bagaimana tidak, selain unik, rasanya memang diakui enak banget. Salah satunya karena gulali dibuat dari pintalan gula yang dibakar.

peluang usaha gulali

gosocio.co.id

Menurut sejarahnya, yang pertama kali memperkenalkan gulali atau harum manis ini adalah William Morrison dan John C. Wharton, tepatnya pada tahun 19o4 di St. Louis World’s Fair.

Mereka menamai makanan ini Fairy Floss yang artinya benang peri dengan kesuksesan yang besar karena terjualnya 68.655 kotak gulali seharga $0,25 yang pada saat itu terbilang cukup mahal, yang kalau dibandingkan dengan harga tiket masuk ke ajang pameran tersebut, harga gulali mereka sekitar setengahnya.

Kalau anda penasaran bagaimana cara membuat permen kapas ini, anda bisa klik di sini untuk membaca artikel dari Ramesia yang membahas tentang apa itu gulali, jenis-jenisnya, serta resep & cara membuatnya.

Seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, yang dulunya gulali dibuat menggunakan cara tradisional, saat ini sudah beralih memakai mesin gulali berteknologi tinggi yang dapat membantu kita dalam memproduksi gulali dengan kualitas yang lebih baik, lebih halus, dan aman tentunya.

Selain itu, dengan adanya mesin pembuat gulali ini, maka siapapun bisa membuka usaha gulali. Termasuk anda tentunya. Lalu bagaimana prospek ke depan dari peluang usaha gulali ini di tahun 2017 ke depannya? Berikut ulasannya.

Peluang Usaha Gulali / Harum Manis

mesin gulali

inhabitat.com

Kalau kita lihat dari segi bisnis dan ekonomi Indonesia, usaha gulali ini tentunya bakal menjadi peluang yang sangat berpotensi untuk dijakankan, salah satunya karena bisnis ini tidak akan pernah tenggelam.

Buktinya, sudah lebih dari 1 abad, peluang usaha gulali tetap saja menjanjikan bagi yang menseriusinya. Apalagi dengan peralatan modern dan mempunyai ide-ide desain unik dalam menjalankan usaha ini.

Apakah Usaha Gulali Termasuk Ber-Modal Kecil?

Tentu saja, usaha gulali termasuk dalam jenis usaha bermodal kecil. Bahkan untuk memulainya saja sudah bisa anda lakukan dengan hanya bermodalkan 3 jutaan untuk membeli Mesin Gulali CCD-EMJ-500 di Ramesia secara online saat ini juga.

mesin gulali ramesia

ramesiamesin.com

Selain mesin yang murah-meriah ini, anda juga bisa memilih varian mesin lainnya yang dapat disesuaikan dengan budget anda di RamesiaMesin.com. Maka, ketika mesin gulalinya sampai ke rumah anda, saat itu juga anda bisa langsung memulai usaha gulali yang sangat menguntungkan.

Analisa & Perkiraan Modal Usaha Gulali

Nah, sekarang kita lihat dari segi modal usaha gulali berupa bahan pembuatnya. Modal yang dibutuhkan untuk mempersiapkan bahan bakunya hanyalah beberapa ratus ribu saja, dan hal ini tentunya jauh lebih rendah dari modal mesin yang harus disiapkan.

Jadi, sebenarnya memilih mesin yang berkualitas dan tahan lama merupakan hal yang sangat penting untuk anda yang akan memulai usaha gulali.

Untungnya, kalau kita membeli di RamesiaMesin.com, selain kita akan mendapatkan kemudahan pemesanan & harga terbaik, kita juga bisa mendapatkan free ongkir & garansi service 1 tahun.

Baiklah, mari kita lanjutkan perhitungan & perkiraan modal pembuatan gulali ini.

Berikut ini harga bahan pembuat dan penunjang lain beserta kalkulasi biaya produksi per bungkus gulali ukuran besar yang sudah siap untuk dijual:

ilustrasi keuntungan usaha gulali

Nah, kalau kita lihat pada tabel di atas, jumlah modal yang dibutuhkan untuk 1 bungkus gulali hanyah Rp 900 saja. Sedangkan harga jual minimalnya adalah Rp 5.000 per bungkus. Jadi, kalau kita bulatkan, maka keuntungan yang bisa kita dapatkan dari 1 bungkus gulali atau permen kapas adalah Rp 4.000, dan ini bisa dikatakan sangat besar dibandingkan modal yang dikeluarkan untuk membeli bahan-bahan pembuatnya.

Kalau saja dalam 1 hari terjual 50 bungkus gulali saja, maka keuntungan yang dapat diperoleh setiap harinya adalah Rp 200.000, dengan total omzet sekitar Rp 6.000.000 per bulannya.

Jadi, apakah anda masih ragu bahwa usaha gulali memberikan keuntungan yang kecil? Hitung saja, hanya dengan menjual 50 gulali bermodalkan ratusan ribu rupiah, anda bisa mendapatkan 6 juta rupiah dalam waktu 1 bulan saja.

Bagaimana kalau 100 bungkus? tentunya belasan juta rupiah masuk ke kantong anda setiap bulannya.Jadi, tunggu apalagi? Sungguh sebuah peluang usaha yang sangat menggiurkan, dan sangat disayangkanlah jika anda melewatkan peluang usaha ini.

Jadi, tunggu apalagi? Memulai usaha gulali adalah peluang yang sangat memanis semanis gulalinya itu sendiri. Sangat disayangkan kalau anda melewatkannya setelah membaca habis artikel ini. Silahkan kunjungi RamesiaMesin.com sekarang untuk melihat-lihat mesin gulali yang sesuai dengan modal yang anda miliki.

Salam sukses!

Leave a Reply