Songket Palembang, Kain Tenun Cantik dan Mahal Asli Wong Kito

Songket Palembang – Salah satu jenis kain yang ditenun oleh bangsa Indonesia adalah kain songket. Songket berasal dari istilah sungkit. Sungkit berasal dari bahasa Melayu dan bahasa Indonesia yang memiliki arti mencungkil atau mengait. Dari cara membuatnya kain tenun dikaitkan dan diselipkan dengan benang emas.

Adapula yang mengatakan bahwa songket dapat berasal dari kata songka. Songka adalah songkok khas dari Palembang. Masyarakat mempercayai bahwa asal mula kebiasaan untuk menenun benang emas berasal dari kebudayaan di Palembang.

Songket Khas Palembang

Sumber: songketpalembangcekna.blogspotcom

Songket dipakai saat acara khusus seperti perayaan atau pesta. Songket merupakan kain tenun yang terbilang mewah karena ditenun menggunakan benang emas atau perak. Songket dalam pemakaianya dapat dijadikan seperti sarung maupun disampirkan di bahu atau bisa juga sebagai hiasan di kepala.

Kain Songket Khas Palembang

Sejarah Songket Palembang

Tradisi nenek moyang mengharuskan kain songket harus ditenun oleh anak gadis remaja namun menurut perkembangan jaman kini pria pun dapat ikut menenun kain songket.

Berdasarkan tradisi bangsa Indonesia, kain songket mencerminkan masa keemasan Kerajaan Sriwijaya. Kejayaan perdagangan maritim Kerajaan Sriwijaya sangat makmur. Palembang merupakan pusat kerajinan songket yang paling ternama di negara kita.

Keistimewaan Songket Palembang

Songket Palembang jika dilihat dari segi kualitasnya adalah songket terbaik di Indonesia.  Songket dari Palembang ini mendapatkan sebutan “Ratu Segala Kain”. Songket ini secara khusus ditenun dan  dapat memakan waktu hingga tiga bulan. Bagaimana dengan songket yang biasa? Songket yang biasa dapat ditenun hanya dalam tempo tiga hari saja.

Pembuatan Songket Palembang

Pembuatan Kain Songket Palembang

Sumber: kapanlagi.com

Bahan-bahan yang digunakan dalam pembuatan Songket khas Palembang yaitu alat tenun, rungsen, benang emas, benang merah, baliro, lidi, buluh, pleting dan lain sebagainya. Dalam pembuatannya diperlukan ketekunan, kesabaran dan keuletan. Jika dikerjakan dengan tergesa-gesa maka hasil yang didapat biasanya tidak bagus.

Harga Songket Palembang

Harga kain Songket Palembang tergolong mahal, yaitu berkisar antara 3 sampai 5 juta, karena selain pengerjaannya dengan ketekunan tinggi juga menggunakan bahan baku yang sebagian besar diimpor. Benang lokal dapat digunakan namun agak susah untuk ditenun. Selain itu, motif Songket Palembang juga mempengaruhi harga dari kain songket tersebut.

Apabila motif kain Songket Palembang semakin penuh maka harganya semakin mahal. Kerapatan hasil tenunan kain Songket khas Palembang juga mempengaruhi harga kain songket.

Perawatan Songket Palembang

Kain Songket Palembang harus dirawat dengan hati-hati. Kain Songket khas Palembang tidak bisa terkena panas atau disimpan di ruangan yang sembarangan.

Berikut ini tips dan cara merawat kain songket Palembang agar kualitasnya tetap terjaga:

Cara Pencucian

Agar kain songket tidak mudah rusak, sebaiknya tidak mencucinya.

Tapi, kalau memang harus mencuci kain khas Palembang ini, maka disarankan untuk menggunakan pelembut saja, dan pencuciannya cukup dilakukan dengan dibilas, lalu diangin-anginkan.

Jangan di-laundry, di-dry cleaned, dan dijemur di bawah sinar matahari secara langsung.

Cara Penyimpanan

Sebaiknya, setelah dipakai, angin-anginkan kain songket sebelum disimpan.

Dalam menyimpannya, jangan lipat Kain Songket Palembang jangan agar sulaman tidak rusak.

Cukup gulung Kain seperti karpet memakai paralon atau karton, yang sudah dilapisi kertas roti atau kertas. Tidak dianjurkan mennggunakan kertas koran. Masukkan juga akar wangi agar kain tidak menjadi bau.

Lalu bungkus kain songket yang sudah digulung tersebut dengan tabung kertas atau plastik.

Simpanlah kain tersebut ke dalam lemari dengan posisi mmiring atau berdiri. Berikan kamper atau ditaburkan sedikit cengkeh atau lada pada lemari supaya terlindung dari rayap, semut, dan ngengat.

Perawatan Bulanan

Setiap sebulan sekali, keluarkan kain Songket dari penyimpanan, lalu anginkan-anginkan kalau kain Tenun Tradisional Khas Palembang tersebut sudah lama tidak digunakan.

Jenis-jenis Songket Palembang

Ragam Jenis Songket Palembang

Sumber: bisniswisata.co.id

Kain Songket Palembang pun ada jenis-jenisya, baik bahannya, maupun motifnya. Berikut beberapa jenis kain songket Palembang dan keterangannya:

Songket Lepus

Songket Lepus memiliki ciri benang emasnya hampir menutupi seluruh bagian kain.

Songket Tawur

Pada Songket Tawur memiliki motif yang tidak menutupi seluruh permukaan kain tetapi berkelompok dan menyebar.

Songket Tretes

Songket Tretes motifnya biasanya terdapat pada kedua ujung pangkal kain dan pinggir-pinggir kain dan bagian tengah dibiarkan polos.

Songket Bungo Pacik

Songket Bungo Pacik mempunyai motif yang terbuat dari benang kapas putih sehingga benang emasnya tidak terlihat banyak dan hanya sebagai selingan saja.

Songket Limar

Songket Limar ditenun dengan corak ikat pakan. Motifnya berasal dari benang pakan yang diikat dan dicelup pewarna.

Songket Kombinasi

Songket kombinasi adalah perpaduan dari jenis songket lainnya.

Songket Lainnya

Adapula motif Songket Pucuk Rebung, Songket Bungo Manggis, Bungo Tanjung, Bungo Melati Songket Sorong dan lain-lain selain jenis yang dirinci di atas.

Perbedaan Kain Songket Palembang Asli dan Palsu

Songket Palembang asli memiliki ciri khusus karena dibuat dengan memakai benang emas sutra yag dicampurkan dengan katun, sehingga yang dihasilkan adalah kain yang keras atau kaku.

Biasanya, songket asli dibuat dari benang emas asli atau disebut juga dengan benang emas jantung yang bersatnya bisa sampai 1 kg, dan 18 karat.

Dari segi harga, songket Palembang yang asli pun bisa dibilang cukup fantastis, yang kisaran harganya adalah 3 sampai 5 juta, bahkan ada yang harganya sampai puluhan juta rupiah.

Perbedaannya dengan songket palsu adalah bahan yang digunakan pada kain songket palsu menggunakan benang perak, atau sekedar anyaman kain  saja, sehingga hasil kain yang dibuat memiliki warna yang tidak terlalu mencolok dan terang.

Selain itu, hasil kainnya juga terasa lebih ringan saat dipegang.kain yang dihasilkan juga lebih terasa ringan ketika dipegang. Berbeda dengan kain songket Palembang asli yang terasa berat.

Harga songket palembang palsu per satunya berkisar antara 500 ribu sampai 1 juta rupiah.

 

Itulah beberapa informasi tentang kain songket khas Palembang yang bisa kami sajikan. Selain songket, kerajinan khas Palembang lainnya juga tak kalah terkenal hingga membuat Indonesia bangga. Baca juga ya!


Jual Songket Palembang

Klik link di atas untuk membeli Songket Palembang secara online dengan berbagai motif, pelayanan ramah, dan harga terbaik untuk kepentingan anda. Satu hal lagi, GRATIS ONGKIR ke seluruh Indonesia.

Leave a Reply