8 Makanan Khas Cilacap ini Harus Kamu Cobain

MAKANAN KHAS CILACAP – Sebentar lagi lebaran,  pastinya sedulur-sedulur Penginyongan Cilacap yang ada di perantauan mudik ke kampung halaman tercinta. Sekian lama mengadu nasib atau bersekolah diperantauan, pastinya sedulur-sedulur Cilacap sangat merasa kangen dengan kekuarga, serta kangen dengan makanan-makanan khas daerah, yang jarang dijumpai di perantauan.

Tahu Masak Makanan Khas Cilacap

Tahu Masak (wovgo.com)

Biasanya, pada momen Lebaran  sedulur-sedulur tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk menikmati jajanan makanan khas daerah, dan bahkan ada yang ngojari untuk dibuatkan oleh keluarganya.

Berikut makanan khas Cilacap yang sangat digemari dan mudah di jumpai di daerah Cilacap. Bahkan mungkin salah satu dari makanan ini menjadi Klangenan atau makanan favorit kamu.

Makanan Khas Cilacap

Lepet Ketan

Lepet ini terbuat dari beras ketan dan kelapa parut yang dililitkan memakai janur kuning. Di kota Cilacap makanan khas ini biasanya dihidangkan pada saat acara tujuh bulanan wanita yang sedang hamil. Makanan khas lepet menjadi sajian yang wajib ada di acara selametan.

Ada sebuah mitos yang banyak beredar disana yakni apabila lepet yang disajikan mempunyai rasa yang asin maka bayi yang dikandung berjenis kelamin laki-laki jika lepet tidak berasa asin maka bayi yang dikandungnya berjenis kelamin perempuan. Apapun mitos yang beredar tentang lepet yang terpenting makanan khas ini bisa mengenyangkan perut anda, hehehe.

Brekecek

Brekecek merupakan makanan khas cilacap yang sering disebut kepala ikan jahan. Untuk bisa menikmati makanan khas yang satu ini anda harus menyeruput kepala jahan atau pathak ikan tersebut. Brekecek ikan dimasak memakai rempah-rempah yang hampir menyerupai masakan rica-rica, namun tentu saja rasanya jauh berbeda.

Karedok

Kuliner khas kota Cilacap berikut diadopsi dari daerah Jawa Barat. Akan tetapi di kota Cilacap sendiri karedok telah menjadi tradisi karena memang kota Cilacap berbatasan langsung dengan wilayah Jawa Barat. Makanan khas ini terbuat dari sayur-sayuran mentah, wortel, kobis,  mentimun, kacang panjang dan kecambah kemudian dicampur dan disiram dengan bumbu sambal kacang yang ajib. Terakhir untuk menarik perhatian penikmatnya biasanya karedok ditaburi dengan kerupuk banggi atau di tambah tahu / ketupat.

Cetil dan Cenil

Makanan khas Cetil dan cenil terbuat dari bahan mentah singkong tepatnya pati singkong yang kemudian diolah dan dibentuk bulat-bulat atau kotak-kotak. Lalu diberi warna sesuai dengan keinginan masing-masing penikmatnya. Makanan khas ini biasanya dimakan dengan kelapa, ditaburi dengan gula jawa atau bisa juga gula pasir.

Cetil dan cenil sangat cocok dijadikan jajanan cemilan disaat kamu sedang menonton film atau menjadi teman saat kamu curhat, pokonya manis dan wuenak. Akan tetapi walaupun begitu sampai saat ini cetil dan cemil masih dapat kamu dapatkan dengan mudah di kota ini.

Kripik dan Stik Sukun

Meskipun kota Cilacap terkenal dengan hasil laut yang melimpah ternyata d kota ini juga memiliki produk dengan kualitas ungulan di bidang pertanian yaitu sukun. Di tempat ini sukun diolah menjadi kripik dan stik. Kripik sukun memiliki bentuk yang tipis dan stik sukun memiliki bentuk persegi panjang. Keduanya diolah dengan cara digoreng.

Rasa kripik dan stik sukun ini terasa enak dan gurih, tak hanya itu, ternyata kripik dan stik sukun juga dapat kamu olah dengan cara lain antara lain dikukus atau direbus. Saat ini anda dapat menikmati rasa dan aroma dari makanan khas ini dengan mudah loh, karena saat ini kripik dan stik sukun sudah di pasarkan juga ke Kota-kota besar di Indonesia.

Lanting

Makanan khas Cilacap Lanting ini terbuat dari bahan dasar singkong dengan bentuk bulat dan berlubang dibagian tengah. Rasanya yang renyah dan gurih membuat makanan khas cilacap ini cocok untuk dijadikan cemilan pada saat sedang bersantai bersama keluarga, teman ataupun pasangan.

Pusat pembuatan lanting ini ada di daerah Adipala. Lanting juga sudah distribusikan ke seluruh pelosok kota Cilacap, Kota Purwokerto dan kabupaten sekitarnya. Lanting ini sangat cocok buat kamu para pecinta singkong yang ingin mencicipi sensasi singkong dengan bentuk dan rasa yang berbeda.

Leave a Reply