Ini Dia! Doa Ingin Punya Anak yang Sesuai dengan Ajaran Agama Islam

Doa Ingin Punya Anak – Ketika dua orang sudah SAH dalam ikatan pernikahan, pasti selanjutnya mereka pasti ingin memiliki momongan. Hadirnya anak dalam keluarga baru akan menambah kebahagiaan pasangan yang baru saja menikah.

Namun hal ini tidak semudah ekspektasi, tidak semua keluarga akan langsung mendapat amanah untuk segera mendapat anak. Ada yang sudah menikah bertahun-tahun tetapi belum punya anak, ada juga yang baru menikah ternyata tahun depannya sudah memiliki anak.

Seorang muslim yang baik jangan berputus asa, karena banyak sekali amalan serta doa yang diajarkan oleh Islam agar bisa segera hamil dan dikarunia anak. Kita tidak boleh berputus asa dar rahmat Allah SWT. Masih ingatkan kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Zakaria yang ketika berdoa memohon untuk dikarunia anak yang sholeh.

Tentnya memiliki keturunan anak yang sholeh adalah keinginan dari setiap orang tua. Kita tetap harus ikhtiar dan terus berdoa agar segera dikaruniai anak yang sholeh.

Lantas, apabila kita membaca doa ingin punya anak akan langsung diberikan oleh Allah?

Sebetulnya anak adalah hak prerogratif Allah SWT, Allah lah yang mengabulkan serta meng-ijabah apa yang hambanya minta.

Doa ingin punya anak ini adalah salah satu bentuk usaha kita, entah itu akan dikaruniai anak dalam waktu dekat atau lambar, yang jelas bagi pasangan suami istri harus tetap sabar dan ikhtiar. Sekali lagi jangan pernah berputus asa dari rahmat Allah.

Doa Ingin Punya Anak

Ajaran agama Islam memiliki solusi yakni berupa doa yang bisa dijadikan amalan sehari-hari bagi para pasangan yang belum memiliki keturunan, sebagai ikhtiar ruhani sebagaimana yang juga telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim dan Nabi Zakaria. Bahwa sesungguhnya mudah bagi Allah SWT untuk menghidup dan mematikan manusia ciptaannya.

Al Qurtubhi rahimahullah berkata,

ليس شيء أقر لعين المؤمن من أن يرى زوجته وأولاده مطيعين لله عز وجل.

“Tidak ada sesuatu yang lebih menyejukkan mata seorang mukmin selain melihat istri dan keturunannya taat pada Allah ‘azza wa jalla.” Perkataan semacam ini juga dikatakan oleh Al Hasan Al Bashri. (Tafsir Al Qur’an Al ‘Azhim, 10/333)

Dibawah ini adalah doa yang bisa bapak / ibu amalkan setiap selesai sholat untuk dibaca secara istiqomah.

Doa Nabi Zakaria Memohon Diberi Anak yang Sholeh

رَبِّ هَبْ لِي مِنْ لَدُنْكَ ذُرِّيَّةً طَيِّبَةً إِنَّكَ سَمِيعُ الدُّعَاءِ

Rabbana hablana min azwajina wa zurriyatina qurrata a’yunin, waj’alna lil muttaqiina imaama.

Artinya: Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami istri-istri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa. (Al-Furqan: 74).

Doa Nabi Ibrahim a.s. ketika belum punya anak dan meminta keturunan:

رَبِّ هَبْ لِي مِنَ الصَّالِحِينَ

Rabbi hablii min ash-shalihiin.

Artinya: Ya Tuhanku, anugerahkanlah kepadaku (seorang anak) yang termasuk orang-orang yang saleh. (As-Shaffat: 100)

Amalan Sehari-hari Agar Cepat Hamil

Selain berdoa, kita juga harus memiliki amalan khusus agar Allah melihat kesungguhan kita dalam berikhtiar ini. Dibawah ini adalah amalan amalan yang bisa kamu terapkan, ingat dalam menjalankan amalan ini harus tetap istiqomah dan sabar.

  • Puasa Senin-Kamis
  • Puasa Daud
  • Sholat Tahajud
  • Sedeqah pada anak yatim piatu

Insyaa Allah dengan kita istiqomah dalam menjalankan amalan itu maka kita akan dipermudah dalam mendpatkan anak.

Selain itu ada juga tips yang bisa bapak / ibu lakukan agar bisa segera cepat memiliki anak. Ikuti tips dibawah ini. Niatkan karena Allah SWT semata, karena manusia hanya bisa berusaha, sedangkan kehendak semua atas izin Allah.

  1. Jagalah kondisi mental dan psikis anda. Stress menjadi salah satu penyebab berkurangnya keintiman hubungan suami istri. Jadi jagalah kondisi keehatan rohani anda agar segera mendapatkan momongan.
  2. Senantiasa berbaik sangaka kepada Allah SWT. Percayaah, Allah itu Maha Pengasih dan Maha Penyayang. Rencana Allah itu indah sekali dan pastinya merupakan yang terbaik bagi anda. Teruslah berdoa tanpa putus agar Allah memudahkan anda berdua untuk segera mendapat momongan.
  3. Perbanyaklah mengkonsumsi makanan yang sehat. Makanan akan memberi nutrisi bagi tubuh anda dalam bereporduksi, selain itu hentikan juga kosumsi alkohol dan rokok. Selain berbahaya bagi kesehatan, mengkonsumsi Alkohol juga perbuatan yang sangat dibeci Allah SWT.
  4. Pantaskan diri anda untuk menjadi orang tua. Berintropeksilah, sudahkah pantas anda mendapat keturunan? Sudah layakkah anda untuk mengasuh seorang anak? Ingat anak adalah amanah Allah SWT yang harus anda jaga, dan Allah tahu apakah anda siap atau tidak untuk menjadi orang tua. Jadi persiapkanlah jasmani dan rohani anda agar siap untuk segera medapatkan keturunan.

Itulah beberapa doa ingin punya anak, amalan agar segera hamil dan tips-tips supaya cepat memiliki momongan. Selain doa diatas, kamu juga bisa mempelajari doa qunut agar terhindarkan dari marabahaya yang mengancam . Terima Kasih.

Semoga bermanfaat 😊

Leave a Reply